Festival Zwitsal - Membangun #MomenBondingBermakna Guna Mendukung Pertumbuhan Emosional Anak

January 02, 2023

Zwitsal #MomenBondingBermakna


Seiring perkembangan teknologi, anak-anak generasi Z dan alpha tidak luput dari yang namanya penggunaan gadget. Namun hal negatifnya adalah berkurangnya momen bonding orang tua bersama anak. Ditambah datang masa pandemi yang hampir semua aktivitas dilakukan dirumah dan kebanyakan dilakukan secara online. Membuat momen bonding dengan anak pun menjadi tantangan tersendiri. Padahal di 1000 hari pertama anak, bonding sangat diperlukan guna mendukung pertumbuhan emosionalnya.

Sebelum membahas lebih jauh, kira-kira para orang tua apa sudah tahu definisi Bonding?

Bonding adalah 

Bonding adalah suatu ikatan emosional yang terjadi antara orang tua dan anak, sehingga anak merasa nyaman, aman, dicintai bersama ayah dan ibunya. Hubungan emosional ini sangat penting bagi anak, agar ketika menghadapi dunia luar, anak akan merasa percaya diri. Anak yang tumbuh dengan kasih sayang orang tua yang penuh maka kelak akan bertumbuh menjadi anak yang memiliki rasa emosional yang besar untuk lingkungan sekitar.

Manfaat Momen Bonding Bermakna

Momen Bonding Bersama Zwitsal

Selain bisa mempersiapkan anak menjadi lebih percaya diri untuk menghadapi dunia luar, ternyata banyak sekali loh manfaat dari momen bonding bermakna bersama anak, yaitu

1. Melatih Anak Untuk Mengendalikan Emosi

Salah satu yang anak mesti paham adalah mengenal emosi. Kapan waktu bahagia, sedih, duka, suka bahkan marah. Dengan bonding yang baik yang sudah diajarkan oleh orang tua, biasanya anak mudah menempatkan diri untuk mengelola emosinya. Contohnya saja ketika mengikuti lomba dan ternyata hasilnya kalah, anak akan mampu menerima bahwa didalam hidup pasti ada fase gagal dan berhasil. Sedih dan kecewa tidak mengapa, tapi belajar dari kekalahan itu yang harus diasah kembali.

2. Meningkatkan Kreativitas Anak

Dengan bonding time yang baik, anak akan lebih percaya diri dengan kemampuan komunikasi dan kreativitasnya. Kreativitas anak pun meningkat ketika anak memiliki kebebasan untuk berekspresi dan menunjukkannya.

3. Membangun Hubungan yang Sehat di Keluarga

Dengan bonding time yang baik di antara orang tua dan anak akan mendorong juga ke arah hubungan yang sehat. Melakukan kegiatan bersama,berkomunikasi, saling bercerita dan mendengarkan, dapat membangun hubungan yang sehat dan positif. Sehingga saat anak tumbuh diluar rumah, mereka cenderung memiliki pandangan yang positif juga dan dapat menghormati orang lain.

4. Memiliki Prestasi akademis yang lebih baik

Menurut penelitian, anak-anak yang tumbuh dengan bonding yang baik dari keluarganya akan mudah berprestasi di bidang studi akademisnya. Anak yang dekat dengan orang tuanya memiliki motivasi belajar yang baik dan biasanya selalu ingin menghabiskan waktu yang berkualitas sehingga terhindar dari perilaku-perilaku negatif.

5. Memiliki Hubungan Sosial yang Baik

Dengan bonding yang baik, anak otomatis bisa membangun hubungan sosial yang baik pula. Mereka akan mudah untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan jaringan pertemanan yang luas.

6. Menciptakan Kebahagiaan dalam Keluarga

Melalui momen bonding bermakna, emosional antara orang tua dan anak tentunya menjadi lebih dekat, dari sinilah memunculkan juga banyak perasaan bahagia. Biasanya momen bersama keluarga juga bisa jadi obat lelah dari rutinitas yang padat.

Cara Membangun Momen Bonding Bermakna Bersama Anak

Zwitsal #MomenBondingBermakna
Bersepeda bersama anak

Ada banyak cara membangun momen bonding bermakna bersama anak. Tidak perlu mahal, jauh, repot, cukup lakukan hal-hal sederhana saja. 

Berikut beberapa cara atau aktivitas yang bisa membangun momen bonding bermakna bersama anak :
  • Semenjak masih dalam kandungan, ibu dan ayah bisa mengajak ngobrol si kecil, mengelus perut, ini adalah momen bonding pertama kali saat anak akan lahir ke dunia.
  • Menyusui, merupakan bonding yang sangat intimate antara seorang ibu dan anak. 
  • Memandikan anak, mengganti baju, memeluk anak
  • Bermain bersama anak
  • Memasak bersama anak
  • Membacakan buku cerita atau dongeng
  • Berkebun
  • Berolahraga
  • Menonton bersama
  • Makan bersama
  • Sesi curhat
Tentunya masih banyak sekali aktivitas sehari-hari yang bisa dilakukan dengan anak untuk semakin membangun bonding bermakna. Ingat ya, jika memiliki keterbatasan waktu karena sibuk bekera, paling tidak sediakan waktu 10-30 menit per hari tanpa gadget untuk fokus terhadap anak. Karena yang terpenting adalah adanya sentuhan fisik antara orang tua dan anak agar tercipta momen bonding yang hangat dan penuh cinta.

Festival Zwitsal #MomenBondingBermakna

Momen Bonding Bermakna


Sebagai salah satu produk baby care. Zwitsal yang telah hadir menemani kita selama 50 tahun, ingin merayakan anniversary sekaligus mengajak 1000 ibu untuk membangun momen bonding bermakna untuk mendukung pertumbuhan emosional anak tepat di hari ibu tanggal 22 Desember 2022 bertempat di FX Sudirman Jakarta

Festival ini melibatkan 1000 ibu baik secara offline maupun online agar para orang tua mampu menciptakan momen-momen kebersamaan yang bermakna bersama anak, yang nantinya akan berdampak pada pertumbuhan emosionalnya di masa yang akan datang.

Acara ini dihadiri langsung oleh Mahnessa Siregar selaku Head of Marketing Deodorant and Baby Care Category Unilever Indonesia, Nikita Willy bersama dengan sang suami Indra Priawan selaku Brand Ambassador Zwitsal dan Samantha Elsener, M.Psi selaku Psikolog Anak dan keluarga.

Dalam sesi pembukaan festival Zwitsal #MomenBondingBermakna ini diisi dengan talkshow inspiratif dari ketiga narasumber yang hadir. Berikut beberapa hal yang sempat dibahas oleh ketiga narasumber yang hadir. 

Apa sih tantangan menjadi orang tua di masa sekarang?



Mahnessa Siregar : 
Kalau jaman dulu tantangan hanya berupa tuntutan dari orang tua maupun lingkungan, tapi jaman sekarang tantangan lain pun datang yaitu tantangan dari sosial media yang membuat para orang tua saling  membandingkan anak mereka dengan anak yang lain. Dari sinilah muncul 'beban' baru yang seharusnya tidak perlu.

Maka dari itu tujuan dari festival ini adalah Zwitsal ingin mendukung dan menemani para orang tua untuk tetap fokus pada anaknya saja ditengah banyaknya tantangan

Samantha Elsener, M.Psi :
Ada study dari Priory Group yang dilakukan dari 1000 orang tua, ternyata 40% nya banyak yang mengalami kecemasan akibat terlalu sering melihat parenting style yang ada di media sosial dan sebanyak 36% sisanya mengalami stres karena tekanan dari adanya media sosial. 

Sebetulnya membandingkan anak itu tidak apa-apa, selama mengenai perkembangan anak terutama di 1000 hari pertama. Yang tidak boleh adalah membandingkan anak yang membuat orang tua menjadi overthinking. Overthinking berlebihan bisa menyebabkan kurang tidur, dan patokan perkembangan anak bukan lagi fokus pada milestones anak sendiri tapi anak orang lain.

Ada study lain dari BabyCenter yang mengambil sampel sebanyak 208 orang tua generasi milineal dan gen z hasilnya adalah sebanyak 88% mengalami Mom Shaming. Untuk itu para bunda perlu mengetahui mekanisme pertahanan diri kita. Karena kalau kita tidak sadar, kita malah bisa jadi orang tua yang mencari kesalahan atau kekurangan anak orang lain demi melindungi anak sendiri. Disini perlu sekali para orang tua bisa meregulasi emosi dengan baik.

Nikita Willy dan Indra Priawan :
Tantangan terbesar sebagai orang tua baru adalah bagaimana bisa menutup mata dan telinga terhadap apa yang orang pikirkan tentang anak dan parenting style yang dilakukan. Apalagi Nikita Willy merupakan seorang public figure yang kadang suka mendapatkan comment negatif

Untuk itu solusinya adalah menyatukan pemikiran dengan suami tentang parenting style juga jangan terlalu menghiraukan komen negatif yang datang 

Bagaimana Solusi Menghadapi Tantangan Tersebut?

Mahnessa Siregar : 
Zwitsal mengajak para orang tua untuk menghadapi tantangan terbaru sebagai orang tua di masa sekarang melalui kampanye #MomenBondingBersama yang kegiatannya dilakukan secara offline maupun online

Zwitsal juga meluncurkan sebuah video yang menceritakan tentang 3 sosok orang tua yang memiliki tantangan tersedniri dan berupaya untuk menjadi sosok yang 'sempurna' bagi anak mereka. Diharapkan melalui video ini dapat menggugah para orang tua agar terus mengeksplorasi berbagai cara dan kesempatan untuk menciptakan momen bonding bermakna bagi keluarga.

Samantha Elsener, M.Psi :
Solusinya adalah membersamai anak, terutama di 1000 hari pertamanya dengan cara membangun bonding bermakna. Karena jikalau momen bondingnya berhasil, anak akan merasa aman dan tenang. Dari perasaan inilah bisa meningkatkan hormon oksitoksin baik bagi ibu maupun anak melalui proses skin to skin (bonding)

Di sisi lain, peran ayah pun sama pentingnya, yaitu untuk menjaga kestabilan emosional ibu. Karena kalau ibunya stabil emosinya, maka anak pun akan merasa lebih aman dan tenang.

Bagaimana cara untuk membangun bonding bermakna bersama anak?

Menanggapi kebutuhan para orang tua untuk menciptakan momen bonding bermakna bersama anak, Zwitsal percaya bahwa setiap orang tua memiliki cara sendiri untuk melakukannya. 

Salah satu momen bonding paling efektif menurut psikolog anak adalah melalui skin to skin. Hal ini sejalan dengan brand purpose Zwitsal yaitu menjadikan momen perawatan bayi sehari-hari menjadi momen bonding yang bermakna melalui skin to skin contact antara orang tua dan anak.


Produk Zwitsal yang Mendukung Skin to Skin Contact Orang Tua dan Anak 

Zwitsal Baby Bath & Shampoo

Untuk mendukung proses skin to skin contact antara orang tua dan anak agar pertumbuhan emosional anak menjadi lebih baik, Zwitsal menghadirkan formula baru pada Zwitsal Baby Bath Hair & Body dan Zwitsal Minyak Telon.

Zwitsal Baby Bath Hair & Body


Zwitsal Baby Bath & Shampoo

Dengan formula baru yaitu 4x Prebiotic Moisturizer yang berfungsi untuk melembabkan kulit si kecil sehingga tetap lembut dan sehat. Dilengkapi juga dengan keharuman lembut khas Zwitsal, yang membuat momen mandi dengan si kecil menjadi momen bonding bermakna. 

Kandungan sabun cair dan shampoo 2 in 1 dikemas menjadi satu produk yang praktis. Mengandung aloe vera dan Pro Vitamin B5 yang akan memberikan nutrisi untuk kulit lembut dan rambut berkilau. Terbuat dari bahan alami dan tidak akan perih di mata si kecil saat digunakan. Hypo allergenic sehingga cocok juga untuk kulit si kecil yang sensitif.

Zwitsal baby bath hair & body ini tersedia dalam 4 kemasan yaitu, isi 100ml, 200ml, pump 300ml dan refill 450ml.

Anakku suka sekali nih pakai Zwitsal baby hair & body ini karena wanginya juga khas dan bikin lembut kulit juga rambut.

Zwitsal Minyak Telon

Zwitsal Minyak Telon


Produk Zwitsal Minyak telon ini ada dua macam, yaitu Minyak Telon Natural dan Minyak Telon Plus.

Bedanya untuk kandungan di Minyak Telon Plus ini ada Rosemary dan Lemongrass Oil yang secara alami membantu meredakan gejala masuk angin seperti perut kembung, menghangatkan badan, terhindar dari gigitan nyamuk dan melembutkan kulit si kecil.

Sesuai dengan kampanye #MomenBondingBermakna. Zwitsal melalui produknya Zwitsal Minyak telon mengadakan kelas Baby Spa bersama Mom n Jo sebagai salah satu cara untuk menciptakan momen bonding bermakna.

Kelas baby spa ini melibatkan 1000 ibu secara offline maupun online yang dapat membantu menstimulasi sejumplah indera si kecil serta mendorong perkembangan otak dan intelegensinya. Kegiatan kelas baby spa ini juga memecahkan rekor sebagai kelas Baby Spa dengan peserta terbanyak versi theAsianParent selaku mitra penyelenggara festival.

Dalam kelas baby spa, para ibu diajarkan 3 gerakan massage bagi anak menggunakan Zwitsal Minyak Telon. 

Kelas Baby Spa Bersama Mom n Jo

1. Gerakan Pengusapan
2. Gerakan Memutar
3. Gerakan Milky-milky

Bagi anak yang sedang batuk atau pilek, bisa juga dengan melakukan gerakan pijat I Love You pada perut si kecil.

Harapan Zwitsal Melalui Festival Momen Bonding Bermakna

Kedepannya melalui kampanye #MomenBondingBermakna ini akan terus hadir melalui rangkaian acara signature activities dari Zwitsal seperti kelas Baby Spa dan talkshow HPK Zwitsal dengan para ahli dan praktisi kesehatan yang diadakan secara berkala.

Harapannya dapat mengedukasi lebih banyak orang tua Indonesia untuk menciptakan momen-momen bonding bermakna bersama si kecil, tentunya ditemani keharuman dan kelembutan Zwitsal.


***

Kalau aku dan suami biasanya selalu melakukan kegiatan makan bersama di meja makan setiap harinya. Sisanya kegiatan lainnya dilakukan secara bergantian mengingat suami pun bekerja. Mumpung anakku masih dalam tahap 1000 hari pertama (milestone) aku dan suami gak mau ketinggalan sedikit pun momen bersama. Aku berharap semua kegiatan yang dilakukan bisa mendukung pertumbuhan emosional anakku di masa mendatang.

Nah bun, boleh sharing ya disini, cara bonding favourite bersama si kecil yang dilakukan oleh bunda dan ayah. Siapa tahu bisa jadi masukkan untuk parents yang lain.


You Might Also Like

64 Comments

  1. kebetulan nih ya kak, kan saya punya adik cewek masih kecil banget baru menginjak 14 bulan. sering banget saya tuh ajak dia main. berarti hal tersebut sudah termasuk momen bonding ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren banget ya Zwitsal sampe punya acara festival, semoga selalu ada inovasi lainnya dari Zwitsal

      Delete
  2. momen bonding bermakna dengan skin care dari Zwitzal. Sambil menggosok kulit si kecil kita bisa bersenandung, bernyanyi, bercerita....well, sekarang brand sangat pandai untuk membranding produk dengan momen yang pas.

    ReplyDelete
  3. Bonding dengan anak nih jadi sesuatu yang penting ya dan harus dilakukan sejak dini. Festival Zwitsal ini menarik sih soalnya produk baby nya bagus dan berkualitas ga bikin kulit baby ruam .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak bayu produk switzal ini sudah dari zaman aku kecil sampai sekarang sebesar ini turun menurun saking bagusnya ya

      Delete
  4. BOnding itu penting dan bermakna, bukan hanya kebutuhan anak saja, tapi juga bentuk kasih sayang orang tua yang takkan bisa terulang kembali. Festival Zwitsal ini bisa menjadi pemicu dan ajang belajar bonding yang baik dan benar

    ReplyDelete
  5. Makasih sharingnya Kak. Momen bonding orang tua kepada anak tu sebenarnya sangat singkat ya, jadi harus dimanfaatkan baik-baik, sebelum anak memiliki kesibukannya masing-masing.

    ReplyDelete
  6. membangun bonding dengan anak itu sangat penting yaa, bukan cuman buat tumbuh kembang anak namun juga bagus untuk kesehatan mental orang tua. Dan bonding yang baik tentu akan menghasilkan anak-anak yang cemerlang

    ReplyDelete
  7. Dengan adanya ikatan emosional anak merasa terikat dengan orang tua begitunpula sebaliknya sehingga pengasuhan mudah dilakukan jika satu sama lain sudah saling terikat

    ReplyDelete
  8. Memiliki bonding yang kuat antara ibu dan anak itu penting ya kak
    Dan juga memberikan pengaruh yang positif bagi tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dikoreksi nih mba, gak cuma ibu dan anak. Tapi ayah, ibu dan anak semuanya ikut terlibat menciptakan momen bonding bermakna

      Delete
  9. Karena kedekatan yang erat antara si anak dengan orangtuanya bisa membuatnya bersemangat buat raih prestasi gemilang juga ya. Berarti manfaat bonding ini sangat besar

    ReplyDelete
  10. Banyak juga ibu yang ikutan acara ini berarti makin banyak ibu yang belajar untuk lebih dekat dengan sang anak

    ReplyDelete
  11. Bonding jadi solusi bagi stres dan kekhawatiran ibu tentang parenting. Tepatnya skin to skin bonding dengan produk Zwitsal.

    ReplyDelete
  12. Bonding dengan anak ternyata banyak ya caranya. Ga perlu ribet2 bikin DIY atau liburan mahal. Hehe. Zwitsal senantiasa ada dalam proses tumbang anak yeay

    ReplyDelete
  13. Moment bonding sejatinya gak hanya cuma ibu dan anak, karena ayah disini juga mesti terlibat. Tapi kebanyakan sosok ayah menganggap hal ini sepele karena hal ini sepenuhnya tugas seorang istri

    ReplyDelete
  14. Skincare Zwitsal wanginya aku suka banget. Anakku yang kedua las Newborn , cosmeticnya Zwitsal loh...wanginya khas bangets

    ReplyDelete
  15. Buanyaaak cara bonding time dengan anak. Dari hamil, newborn, sampai gede pun tetap butuh waktu berkualitas bersama anak.
    Ketika anak sudah terkoneksi dengan orang tua, kita mau ngajak atau menasehati juga bakal jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  16. Aku adalah orang yang merasakan banget manfaat bonding sama anak. Dengan bonding bersama anak, aku dan suami jadi bisa belajar meregulasi emosi anak. Anak benar-benar terbentuk self controlnya jadi bisa mengatur bagaimana dia bersikap.

    ReplyDelete
  17. media sosial memang sering membuat kita insecure ya, mbak apalagi kalau melihat ibu lain yang terlihat lebih bagus pola pengasuhannya daripada kita. tapi di lain pihak media sosial juga bisa memberi kita wawasan baru seputar dunia parenting

    ReplyDelete
  18. Banyak cara ya untuk bisa meningkatkan bonding dengan anak. Walau hanya sekedar bermain bersama. Makasih share an nya ka

    ReplyDelete
  19. Memang ada baiknya penggunaan gadget lebih diminimalkan agar bonding orangtua dan anak tetap terjaga. Sebab saat ini terbukti dengan keberadaan gadget, kita semakin asyik dengan aktivitas sendiri

    ReplyDelete
  20. Bersyukur ada Zwitsal

    Aku udah sejak awal percaya sama Zwitsal - dan bonding untuk anak itu tercipta dengan mengelus - memijat kulit kepala, sampai ke perut dan telapak kaki yaaa

    ReplyDelete
  21. aku juga pengen banget bonding samna anak, tapi anaknya belum ada, huhu, semoga segera dikasih,

    btw zwitsal nggak pernah absen jadi andalan para bunda ya mba - rini

    ReplyDelete
  22. Aku menunggu acara ini ada di Surabaya jadinya bisa ikut apalagi kalau tahu ada edukasi momen bonding untuk anak.

    ReplyDelete
  23. Lihat foto teh Mega sama si kecil, aku jadi inget liat IGnya dari mulai menikah hingga hamil dan si kecil lahir. Satu yang aku kagumi, fotonya selalu indah. Hehhe.. Ini beneran bondingnya bagus banget nih.. Gak hanya sama si kecil tapi juga sama suami.
    Jadi beneran ya.. My Family, My Team.

    Bersama Zwitsal, ciptakan momen bonding bermakna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh teh Lendy si korean lovers. Terimakasih loh teh

      Delete
  24. Switzal ini brand favoriteku sejak kecil mbak, Dan nurun ke anak-anak juga Karena sebagus itu ya mbak

    ReplyDelete
  25. Hai bun, salam kenal. Aku yang juga baru jadi new mom ini merasa banyak belajar dengan postinganmu masyaAllah. Terima kasih allhamdulillah aku pake switzal juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah masya Allah,sesama new mom harus saling support ya

      Delete
  26. Sepakat memang 'media sosial' jadi salah satu tantangan terbesar orangtua masa sekarang. Malah kadang anak 'lebih pintar' daripada ortunya soal ini.

    Cara bondingnya memang membatasi dan memberlakukan batasan berapa lama aktif di media sosial sih, dan memperbanyak waktu secara offline. Sesederhana jalan sore bareng-bareng aja keliling komplek tuh ampuh banget sepengalaman saya.

    ReplyDelete
  27. Sejak bayi, anak-anakku suka pake Zwitsal juga. Wanginya khas ya.. jadi tambah suka ngedusel-dusel gitu. Bener memang kalau dengan Zwitsal bisa bikin bonding antara orang tua dan anak makin tambah erat.

    ReplyDelete
  28. Festival ini sangat keren menurutku, mengajarkan apa itu bonding, dan bagaimana cara nya kepada ibu - ibu diluar sana yang kadang masih belum paham pentingnya bonding untuk anak.
    Semua anak -anak ku juga suka banget pake produk switzal ini, harumnya hangat khas gitu, jadi ngebuat mamaknya hobby banget nempel sama anak hehehe

    ReplyDelete
  29. meaningfull bonding emang penting banget sih, jujur aku pribadi sebagai ibu bahkan juga merasakan manfaatnya dari proses dan kegiatan bonding dengan anak-anak. Apalagi buat anak-anaknya ya...makanya efeknya gak main2...Selamat ultah Zwistal luar biasa 50 tahun sudah

    ReplyDelete
  30. Tantangan menjadi orang tua kok rasanya makin berat aja ya seiring kemajuan jaman, tapi tentunya tiap tantangan ada solusinya ya mbak.

    Banyak banget manfaat bonding bagi perkembangan anak, dan sebenarnya membangun bonding bermakna itu bisa dilakukan sehari-hari dengan aktivitas yang sederhana ya mbak, yang penting orang tua fokus dengan kegiatannya membersamai anak

    ReplyDelete
  31. Nikita Willy ini memang jadi salah satu publik figur yang mencuri perhatian soal gaya pengasuhannya. Ternyata rahasia dia bisa tampak enjoy menjalani peran sebagai ibu adalah menyatukan pemikiran dengan suami dan jangan terlalu menghiraukan komen negatif, sungguh patut untuk dicontoh ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Berbagi peran ya mba, jadi gak 100% tugas ibu buat membesarkan anak, ayah pun wajin ikut andil

      Delete
  32. Bonding erat antara orangtua dan anak gak terjalin instan. Makanya kalau anak mau tetap dekat sampai dewasa, memang harus dijalin sejak masih anak-anak. Bagus nih kampanye dari Zwitsal

    ReplyDelete
  33. Bonding Bermakan bersama Zwitsal membuka mata hati para orangtua bahwa bonding itu bisa banget dilakukan dengan aktivitas yang disukai anak dan di saat santai sehingga anak memiliki karakter hebat, kelak.

    ReplyDelete
  34. Setiap tahapan pertumbuhan anak diharapkan akan membuat anak nyaman selama di rumah dengan aktivitas bonding yang sederhana tapi tidak menggunakan gadget

    ReplyDelete
  35. Memang ya, salah satu PR ortu adalah mengenalkan emosi pada anak.

    Kapan waktu bahagia, sedih, duka, suka bahkan marah. Dengan bonding yang baik yang sudah diajarkan oleh orang tua, biasanya anak mudah menempatkan diri untuk mengelola emosinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia betul mba, dengan bonding yang baik, anak pasti akan lebih mengenal tentang emosi

      Delete
  36. Anakku cocok pakai sabun Zwitsal. Akupun pakai juga karena bagus, melembabkan kulit.

    Lewat memandikan anak jadi momen bonding yang seru yaa. Kalau anak udah TK SD gitu kan udah ga mau dimandikan.

    ReplyDelete
  37. Luar biasa Zwitsal! Sudah 50 tahun menemani keluarga Indonesia ya. Semoga produknya selalu menjadi pilihan keluarga.

    Dulu waktu anak-anakku masih kecil juga pakai produk Zwitsal. Dari yang gede sampai yang kecil juga pakai. Banyak kenangan manis dengan Zwitsal :)

    Pakai produk Ziwitsal merupakan salah satu cara dalam membangun momen bonding bermakna bersama anak. Setuju! 😍

    ReplyDelete
  38. Momen bonding bareng anak tuh emang perlu banget yaaah, supaya anak bisa punya kedekatan emosional juga sama kita. Anak2 aku udah pada remaja sekarang bonding-nya nonton ke bioskop dan nongkrong bareng atau curhat tentang gebetan sebelum bobok hahaha.

    Kece banget nih event Switzal, jadi sekalian ingetin ibu2 untuk lebih luangin waktu buat anak yaah

    ReplyDelete
  39. Ternyata sudah 50 tahun Zwitsal membersamai kita mendampingi si kecil agar makin erat bondingnya. Jadi ingat zaman anak2ku masih kecil dulu, aku juga suka membacakan buku cerita sebelum bobo dan kegiatan lainnya. Oh ya, aku juga pakai produk Zwitsal buat anak2ku loh dan cocok alhamdulillaah :)

    ReplyDelete
  40. Menciptakan moment bonding anak emang perlu banget ya, Mbak. Dan caranya juga sederhana. Entah ngajak bermain bareng, digendong, atau ngobrol bareng.

    Acara yang digelar Zwitsal ini keren banget sih.. mengingatkan mita semua sebagai ibu harus deket dg anak dan memiliki ikatan bonding yg kuat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, aktivitas sederhana sehari-hari aja udah bagus ya buat bonding sama si kecil

      Delete
  41. Bener ya kalau bounding sama anak2 jadi moment yg gak akan terlupakan nantinya buat sianak.

    Semoha nih banyak orang tua yg bisa menciptakan ikatan momen2 yang bermakna bersama si kecilnya

    ReplyDelete
  42. Zwitsal the best product for kids. Zaman anak-anakku masih kecil sudah pake rangkaiannya produknya. Bonding itu memang penting ya. Untuk mendekatkan hubungan ibu dan anak

    ReplyDelete
  43. aah, memang bonding itu kunci dari banyak manfaat yang bisa dirasakan anak yaa. kalau mereka udah fulfil di rumah, bondingnya kuat dengan orangtua, mereka insyaAllah akan jadi anak yang percaya diri dan punya value yang kuat. Zwitsal membantu banget dalam bonding ibu anak begini dengan produk-produknya yang memang bagus dan nyaman dipakai untuk anak sejak mereka bayi yaa.

    ReplyDelete
  44. Alhamdhulilah selalu berusaha membuat bonding yg baik sama anak2. Klo yg udh abege skr aku banyakin peran jd temen banyak mendengar cerita dia. Klo yh kecil kami ounya ritual sblm tidur pijetan dlu pake zwitsal telon trs baca buku. Ritual swderhana tp jd we time bgt buat kami

    ReplyDelete
  45. Dari dulu Zwitsal menjadi teman terbaik ibu dalam merawat kulit anak ya mbak
    Sekarang malah bisa membantu menciptakan bonding bermakna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dari jaman saya kecil juga udah pake zwitsal mba

      Delete
  46. Bonding antara ortu anak emang harus diciptakan ya mbak. Banyak hal sih yang bisa dilakukan, gak perlu piknik jauh2, yang pentinmg ortu memberikan perhatian yang berkualitas kepada si anak.
    Nah memijat bayi juga bisa menjadi bonding yaa. Keinget zaman anakku kecil dulu jg sering kupijat, jd sampai sekarang juga suka kalau dipijat.
    Produk Zwitsal ini awet bener yaa, kupakai dr zamanku kecil hingga punya anak juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget gak perlu jauh-jauh dan mengeluarkan biaya besar ya mba, cukup pijet lembut anak aja udah jadi bonding yang bermakna banget

      Delete
  47. Senang sekali ikut acara ini. Apalagi produk ini juga yang selalu dipakai anak

    ReplyDelete
  48. jika bonding orang tua dan anaknya kuat, yakin aja gak akan ada deh kita dengar perseteruan anak dan ortu

    ReplyDelete
  49. Wah seru sekali nih Zwitsal mengajak mama mama untuk terus meningkatkan bonding dengan anak karena memang sangat membantu dalam perjalanan tumbuh kembang mereka dan manfaatnya di masa depan

    ReplyDelete
  50. aku waktu anak2 masih kecil terbiasa mijet anak sendiri. biasanya pas mau mandi. membantu banget untuk menambah bonding orangtua dg anak

    ReplyDelete
  51. Ketiga anak-anakku cocok bgt ma switzal,bener bgt. Jarang sekali ada iritasi atau alergi ga cocok kalau pakai produk satu ini hehehe,suka bgt! Yup,bonding dengan ayah ibu anak akan lebih baik lagi karena semua saling men support

    ReplyDelete
  52. Ah iya ya. Aku juga baru ngeh setelah baca artikel ini. Sosial media membuka tantangan baru pada orang tua masa kini. Melihat tumbuh kembang anak orang lain di sosial media secara ngga sadar ternyata membuat sejumlah orang tua ngebandingin anaknya dengan anak orang lain. Artikel yang menarik, Mba

    ReplyDelete