Menjelajah Kota Tasikmalaya sampai Berkunjung ke Lima Negara

February 20, 2023

Tasikmalaya

Tempat wisata Jawa Barat emang gak ada matinya deh. Kira-kira bulan Januari lalu, aku dan keluarga sengaja melakukan perjalanan ke Tasikmalaya. Niatnya sih cuma buat ngedatengin undangan pernikahan teman. Tapi ternyata sayang juga udah jauh-jauh ke Tasik gak mengeksplore dulu, hehe. Alhasil kami memutuskan bermalam satu hari di kota ini.

Kata temenku, Tasikmalaya ini terkenal dengan kulinernya. Rajanya bakso dan aci alias Baso Aci. Kalau orang sunda pasti udah taulah, hehe. Bakso Tasik apalagi terkenal banget, udah gak diragukan lagi rasanya. Endolitaaaaaaa

Karena ini pengalaman pribadi, jadi aku gak banyak melakukan sesi dokumentasi. Maaf ya kalau kurang informasinya, hehe.

Minggu, 29 Januari 2023, aku dan keluarga melakukan perjalanan menuju Tasikmalaya. Start jam 08.00 pagi dari Bandung, tiba di Tasikmalaya tepat jam 11.00. Kami langsung menuju venue pernikahan teman yang ada di Astro Grill Tasikmalaya. Berhubungan bawa anak, jadi kami mutusin buat gak berlama-lama di resepsi pernikahan.

Sekitar pukul 11.30, kami langsung tancap gas untuk makan siang di Saung Ranggon resto. Ini di rekomendasikan oleh teman, katanya tempatnya bagus dan makanan sundanya enak.

Makan Siang di Saung Ranggon

Kuliner Tasikmalaya

Sayang banget aku gak foto tampak depan resto ini, gak berekspektasi tinggi deh. Kesan pertama, kok gini sih tempatnya B aja. Tapi kok aneh, ampe gak dapet parkir di area resto. Kami dapat parkir di luar area resto. Saking penuhnya. Aku pikir, ya pasti penuhlah, karena jam makan siang juga. Makin dibuat penasaran sama resto ini, karena bisa dibilang lokasinya pun cukup jauh dari kota Tasik.

Okelah langsung aja, akhirnya kami pun masuk. Dan ternyata WOW luas banget, kids friendly, banyak banget fasilitas bermain anak, viewnya sawah, rel kereta api, plus ada kolam ikan yang disediakan perahu bebek pula. Supaya pengunjung bisa menikmati perahu dengan sepuasnya tanpa biaya. Di tembok sebelah kiri pun banyak sekali testimoni dari artis-artis loh.

Tempat makannya terdiri dari tempat lesehan saung dan tempat duduk biasa. Di bagi beberapa area, ada yang view taman, view sawah, dan view sawah dan kolam. Baguslah pokoknya. Rekomen kalau ke Tasik wajib makan disini.

Hampir lupa, ada mini zoo nya juga loh.

Makanan yang best seller disini ada Gurame Asam Pedas dan Ayam Goreng dengan kuah manis. Wajib cobain pokoknya.

Abis kenyang sama gurame, ayam dan karedok. Kami langsung menuju hotel tempat kami menginap. Memang sengaja sekalian healing sih. Kebetulan kami check in di Cordella Suites Tasikmalaya. Hotelnya masih terbilang baru, karena baru dibuka per Desember 2022.

Lokasinya dekat sekali dengan alun-alun Tasikmalaya. Bisa ditempuh dalam 100 m dengan berjalan kaki. Overall bagus hotelnya, stafnya juga ramah, makanan cukup beragam dan enak. Terdapat swimming pool juga di dalam hotel, meskipun gak terlalu luas, tapi cukup nyaman untuk berenang.

Hotel di Tasikmalaya
Indoor Swimming Pool

Hari kedua di Tasikmalaya, Senin 30 Januari 2023, sekalian check out hotel, sebelum pulang kami sempatkan dulu untuk mengunjungi destinasi wisata Taman Wisata Karang Resik.

Taman Wisata Karang Resik

Wisata Tasikmalaya

Berlokasi tidak terlalu jauh dari pusat kota. Taman wisata Karang Resik ini bisa dibilang tempat wisata favorit warga Tasik. Buka setiap hari dimulai pukul 09.00-16.00 untuk weekday dan 09.00-17.00 untuk weekend temapt wisata ini terbilang murah dan lengkap.

Dengan tiket masuk sebesar Rp 35.000 per orang. Kami bisa menikmati berjelajah ke 5 negara dan mendapatkan free welcome drink

Selain itu ada area lain, yaitu area waterpark yang dibandrol dengan tiket masuk sebesar Rp 20.000 dan juga farmhouse dengan tiket Rp 25.000 untuk dua orang.

Karena bukan hari libur, kami bisa puas menikmati taman wisata Karang Resik ini. Untuk area waterparknya tutup karena hanya ada beberapa pengunjung saja.

Jelajah 5 negara dan farmhouse tetap buka. Kesan pertama kesini, bagus banget, bersih, luas, gak nyangka di Tasik ada tempat wisata seperti ini. Meskipun bukan hari libur tapi kebersihan dan lingkungan tempat wisata juga terjaga. Taman terawat dengan baik dan yang pasti instagrammble.

Untuk area Jelajah 5 negara ini terdiri dari beberapa replika icon suatu negara, seperti The Delhi India, Nagoya Hills di Jepang, Istana Gyeongbukgong dan Jeju Hilss di Korea Selatan, Kincir angin di Belanda, Bangunan yang terdiri dari warna biru dan putih seperti di Santorini dan bangunan Amphiteather yang menyerupai istana negara.

Wisata Tasikmalaya

Karena bawa bocil, kami juga memasuki area farmhouse. Untuk masuk ke farmhouse dikenakan tiket masuk lagi sebesar Rp 25.000 untuk 2 orang. Disini ada beberapa jenis satwa, seperti kuda, burung, monyet, kelinci, domba, sapi, dan ular. Ada juga area taman labirin. Anak-anak yang ingin memberi makan satwa juga bisa, cukup dengan membayar Rp 5000 saja untuk membeli 1 bungkus pakan ternak. Kudanya juga bisa ditunggangi dengan membayar Rp 10.000.

Pokoknya Taman Wisata Karang Resik ini cocok untuk segala usia, dan juga bisa diakses untuk yang menggunakan stroller dan wheels chair.

Untuk kamu yang berencana ke kota Tasik, jangan lupa mengunjungi Taman Wisata Karang Resik ya.

Nah, segitu dulu deh cerita jalan-jalanku di kota Tasikmalaya. Semoga bisa jadi referensi ya kalau kamu sengaja ke kota Tasik atau melewati kota Tasik.