Buka Puasa dan Santunan Digitalic Indonesia Bersama TPQ Waladush Shalih Bandung

March 25, 2024


Alhamdulillah bisa berjumpa lagi dengan bulan yang selalu ditunggu oleh umat islam yaitu bulan Ramadhan. Selain kewajiban untuk melaksanakan puasa selama satu bulan penuh, menjaga hawa nafsu. Bulan Ramadhan juga banyak membawa keberkahan bagi semua orang. Orang-orang berlomba-lomba untuk memperbanyak amal sholeh, salah satunya dengan berbagi dan bersedekah. 

Dengan misi untuk menyebarkan kebaikan dan keberkahan di bulan suci Ramadhan ini. Aku diajak untuk berpartisipasi dalam acara berbagi santunan bersama Digitalic dan Blogger Hub kepada santri dari TPQ Waladush Shalih Bandung.

Cahaya Ramadhan Melukis Asa bersama Digitalic


Dengan tema Cahaya Ramadhan Melukis Asa, Digitalic mengadakan acara buka puasa dan santunan Digitalic bersama para santri TPQ Waladush Shalih.

Digitalic sendiri merupakan sebuah digital komunikasi agensi yang berdiri sejak tahun 2018. Tiap tahunnya, digitalic selalu mengadakan acara buka bersama dengan makna  menyebarkan kebaikan dan keberkahan untuk masyarakat di bulan suci Ramadhan. Di tahun 2023, Digitalic melakukan acara buka bersama dan santunan bersama salah satu panti asuhan di Depok, Jawa Barat.

Menurut Bapak Robit selaku CEO dari Digitalic, tahun ini memilih kota Bandung sebagai tujuan untuk berbagi dikarenakan kota kelahiran salah satu pengurus Digitalic. Wah, sekalian pulang kampung ya kak.

Kesan Selama Acara Berbagi Santunan 


Senang sekali rasanya bisa ikut dalam acara santunan ini. Bisa bertemu dengan para santri-santri yang bersemangat meskipun sedang berpuasa. Acara ini juga dikemas dengan sangat menarik. Sebelum acara santunan, para santri diajak untuk mewarnai pada media yang telah disediakan. Ditemani oleh Kak Dini seorang Influencer yang menjadi guide para santri saat mewarnai.

Kegiatan mewarnai ini jadi kegiatan yang sangat menyenangkan, semua snatri mengeluarkan imajinasinya untuk menghasilkan warna yang indah di setiap gambarnya. Nantinya akan dipilih beberapa gambar yang akan diberikan hadiah.

Setelah kegiatan mewarnai selesai, sambil menunggu pengumuman gambar siapa yang terpilih. Acara dilanjutkan dengan games yang membuat suasana semakin meriah. Anak-anak santri semakin antusias, karena tahu akan mendapatkan hadiah jikalau berhasil menjawab. Sesenang itu ada di tengah-tengah mereka. Beneran bikin kesan yang berbeda.

Menjelang berbuka ada kultum dan doa yang dipimpin oleh Ibu Hj Pipih selaku Ketua Pengurus TPQ Waladush Shalih dan Ibu Hj Imas. 

Acara pun ditutup dengan pemberian santunan, buka puasa bersama dan juga pengumuman 3 pemenang mewarnai.

Semoga kegiatan berbagi seperti ini bisa terus dilaksanakan setiap tahunnya ya. 

Sekilas Tentang TPQ Waladush Shalih


TPQ Waladush Shalih merupakan sebuah Taman Pendidikan Al Quran secara gratis yang sudah ada sejak tahun 2016. Digagas oleh 6 guru pembimbing dengan murid yang berasal dari semua kalangan tanpa memandang status sosialnya. Saat ini TPQ Waladush Shalih memiliki santri sebanyak 65 santri dengan usia santri yang terkecil di usia 3 tahun.

Pendirian TPQ ini berawal dari kepedulian ibu-ibu setempat yang melihat kurangnya minat belajar Al Quran dari anak-anak di lingkungan sekitarnya.

Kegiatan ini berlangsung di sebuah balai RW yang terletak di permukiman padat penduduk yang tidak jauh dari Alun-alun dan Masjid Raya kota Bandung.

Meski tanpa adanya donatur dan hanya mengandalkan infaq seadanya, TPQ Waladush Shalih tetap bisa bertahan karena keikhlasan dari para pembimbingnya dan juga para santri yang semangat untuk menyebarkan dan menerima ilmu yang kelak bisa menjadi amal jariyah kita di akhirat.


***

Untuk teman-teman yang ingin berpartisipasi untuk membantu TPQ Waladush Shalih agar semakin berkembang. Temen-temen boleh langsung datang ke alamatnya di Kantor RW 04 Jl Pasundan No 51, Balonggede, Kec Regol, Kota Bandung.

Semoga segala kebaikan yang telah diberikan khususnya untuk Digitalic dan Blogger Hub bisa membawa keberkahan bagi kita semua. Aamiin.




You Might Also Like

0 Comments