Pengalaman Seru Mengikuti Creative Writing Short Course bersama TBI Kelapa Gading

March 24, 2024

Biasakan diri dengan konten berbahasa Inggris untuk mengasah keterampilan pasif dan aktif baik berupa opini, ekspresi, maupun artikel deskripsi. Lakukan dengan seru dan tidak membosankan karena segala proses itu berperan penting untuk meningatkan kemampuan berbahasa Inggris.

-Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication TBI Kelapa Gading-

 


Mempelajari bahasa asing khususnya bahasa Inggris merupakan hal yang wajib dilakukan oleh semua orang di era saat ini. Percepatan teknologi informasi membuat kita harus berlomba untuk mengupgrade diri termasuk skill dalam komunikasi. Karena kalau tidak dilakukan atau hanya diam di tempat bisa jadi kita termasuk orang yang tertinggal.

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang mendominasi dunia. Apalagi bagi pekerja kreatif seperti saya, yang jelas dituntut untuk memiliki keterampilan lebih dari sekedar menulis dan juga membuat konten. Untung saja lewat komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) yang berkolaborasi dengan TBI (The British Institute) Kelapa Gading mengadakan Creative Writing English Short Course yang membahas seputar dunia blogging dengan basic english course online.

Pengalaman Mengikuti Creative Writing Short Course 

Senangnya bisa mendapatkan kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam Creative Writing English Short Course yang dilaksanakan selama tiga hari di tanggal 18-20 Maret 2024. Selain nostalgia waktu jaman sekolah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris secara offline, rasanya bisa berbicara, berdiskusi dan memberikan opini dalam bahasa Inggris bersama expert dan rekan membuat saya semakin percaya diri meskipun dengan keterbatasan kemampuan yang dimiliki.

Saya berkomitmen untuk tepat waktu di setiap sesinya. Sesinya dimulai setiap pukul 10.00-12.00. Didampingi oleh expert Mr. Jamie Silaban yang memfasilitasi kami dan sembilan rekan lainnya. 

Day 1 - Blogging Movie Review



Di hari pertama, kami memulai dengan saling berkenalan satu sama lain. Dilanjutkan membahas seputar Blogging. What is a Blog? The Specifics of Blog, Blog Writing, dan terakhir kami diberikan tugas untuk membuat blog dalam bentuk movie review. Durasi dua jam ini tidak terasa karena kami saling berdiskusi. Sesekali Mr Jamie memberikan pertanyaan kepada kami dan juga meminta opini kami tentang tema yang sedang dibahas. Meskipun di hari pertama ini saya masih malu-malu but I seem to feel better. xoxo.

Karena waktu yang tidak cukup di hari pertama, maka tugas untuk mereview film ini menjadi pekerjaan rumah yang akan dibahas esok.
 

Day 2 - Blogging Restaurant Review



Kalau hari pertama kami masih malu-malu, hari kedua kami lebih bersemangat dan seperti sudah terbiasa. Hari kedua ini masih melanjutkan tema blogging tapi membahas restaurant review. Seperti sudah terbiasa membahasnya di blog, bedanya kali ini kami bahas menggunakan bahasa inggris. 

Kami pun diberikan tugas individu untuk mereview restoran yang pernah didatangi, mulai dari ambience, main, dishes, service, order, pricing, taste dan diberikan tips untuk mereview dengan menggabungkan  tentang bad and good in a restaurant

Hari kedua ini semuanya aktif dan semakin seru karena tugas yang diberikan langsung dibahas dan dikoreksi bersama. So much fun. Kami belajar vocabulary, spelling, translation and others untuk sama-sama memperbaiki tulisan kami.

Day 3 - Last Day Blogging Writing News Report


Sampai di hari ketiga, kami diberikan tantangan untuk menulis sebuah berita yang didasarkan pada fakta bukan spekulasi. Disini Mr. Jamie memberikan kami sebuah berita mengenai hilangnya seorang guru yang dicurigai pelakunya adalah siswanya.

Kami berdiskusi mengenai hal-hal apa saja yang mungkin menjadi penyebab guru ini menghilang. Imajinasi kami dibuat melayang dan berpikir hal-hal apa saja yang mungkin terjadi. Semakin semangat karena kami diberikan waktu berdiskusi dengan rekan yang lain di room grup

Mr Jamie memberikan tips untuk menulis berita, seperti tahapan membuat berita mulai dari compile data, verification, suit the angle, write, edit, revision and publish. Jangan lupa untuk membuat headline yang menarik untuk setiap berita yang akan ditayangkan. Karena headline yang menarik dapat mencuri perhatian para pembaca. 

Kesan selama tiga hari mengikuti english course online bersama TBI ini sangat berkesan. Pengajarnya helpfull, sabar dan memotivasi untuk tidak ragu dalam mengemukakan pendapat. Materi yang diberikan juga sangat relevan dengan pekerjaan saya saat ini. Next kalau ada kesempatan pasti saya mau ikut lagi dong.

Alasan Memilih Kursus di TBI 

Dari pengalaman saya mengikuti Creative Writing English Short Course  yang begitu berkesan dengan TBI khususnya TBI Kelapa Gading, saya sangat merekomendasikan temen-temen untuk mengikuti kursusnya juga disini. TBI ini kelasnya beragam mulai dari anak-anak sampai dewasa. TBI juga didukung oleh UTC (UniSadhuguna Testing Centre) yang satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assesment untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teanching English of Speakers of Other Languages)

Berikut beberapa alasan kenapa harus memilih TBI khususnya di Kelapa Gading sebagai tempat kursus bahasa Inggris :

  1. Berkualitas, semua TBI berkualitas termasuk TBI Kelapa Gading yang tidak perlu diragukan lagi dari segi metode pengajaran, atmosfer kelas, tenaga pengajar, kurikulum, serta modul dan panduan yang lengkap.
  2. Sistem pembelajaran beragam bisa online maupun offline. Sangat fleksibel bisa menyesuaikan kebutuhan
  3. Lokasinya strategis, sangat dekat dengan Lintas Raya Terpadu (LRT), pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah dan lain sebagainya.
  4. Jadwal kelas yang variatif, Peserta dapat memilih kelas sesuai kebutuhan dari Senin hingga Sabtu jam 09.00-20.30
  5. Biaya terjangkau, Biayanya terjangkau dengan program promos khusus di setiap bulannya. Khusus untuk bulan Ramadhan ini, TBI Kelapa Gading mengadakan promo diskon sebesar 20% untuk seluruh program bahasa Inggris
  6. Program kursusnya disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan kebutuhan, selain untuk anak-anak dan dewasa. TBI Kelapa Gading juga memfasilitasi kebutuhan perusahaan maupun institusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris karyawannya dalam program pelatihan dengan tutor bersertifikat internasional.

Program-Program di TBI 

TBI memiliki 3 program utama yaitu :

1. Core Programmers :
  • Young Learner English
  • Pre Teenager English
  • Teenager English
  • Global English
  • Academic English
  • Profesional English
  • Corporate Training
2. Customised Programmers :
  • Workshop for Professionals
  • Private Classes
  • International Exam Prediction Test
  • Short Course
3. Powered by UTC :
  • ICAS
  • Teacher Training
  • CELTA
  • Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualitifications, TOEFL, ITP, IELTS at schools)
  • Digital Learner

Informasi TBI Kelapa Gading

Untuk temen-temen yang tertarik mengukti kursus bahasa Inggris di TBI Kelapa Gading boleh menghubungi nomor dibawah ini ya.

TBI Kelapa Gading
The Summit Lt. Basement GW 6, Jalan Sentral Kelapa Gading, Kelapa Gading Timur, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240

Phone : +62 858 8242 5835
Email : infokg@tbi.co.id
Web   : www.tbi.co.id
Youtube : The British Institute
Instagram : @tbikelapagading
Facebook : TBI Kelapa Gading


You Might Also Like

0 Comments