Rekomendasi Wisata Murah dan Ramah Anak di Bandung

February 12, 2024

Bulan Februari memang jadi bulan yang penuh cinta, selain ada pesta rakyat Pemilu di tahun ini, bulan ini juga banyak tanggal merahnya loh. Sayang bangetkan kalau dilewatkan hanya di rumah saja. Gak melulu harus ke tempat yang mahal, di Bandung banyak juga loh pilihan destinasi wisata yang murah dan pastinya ramah anak. Berikut beberapa pilihan destinasi yang murah dan ramah anak di kota Bandung

1. Museum Geologi

foto by : bandung.go.id

Museum Geologi ini merupakan museum yang menyediakan berbagai informasi mengenai aspek kebumian dan merupakan satu-satunya di Indonesia loh. Museum Geologi juga merupakan Museum Tertua di Indonesia, karena sudah dibangun sejak jaman penjajahan Belanda yang dulunya dinamai "Geologische Museum" pada tanggal 16 Mei 1929. 

Bangunannya juga didesain dengan gaya art deco oleh seorang arsitek Belanda bernama Ir H Menalda Van Schouwenburg

Untuk para pengunjung yang mau ke Museum Geologi, bisa datang di hari Senin, Selasa, Rabu dan Kamis mulai pukul 09.00-15.00 dan khusus untuk Sabtu, Minggu mulai dari jam 09.00-14.00. Sedangkan di hari Jumat dan  Libur Nasional Museum Geologi tutup.

Harga tiketnya pun sangan terjangkau mulai dari Rp 2000,- untuk pelajar yang bisa menunjukkan Kartu Tanda Pelajar/Mahasiswa. Harga tiket untuk umum Rp 3000,- dan Tiket untuk turis mancanegara Rp 10.000,-

Kunjungan ke Museum Geologi ini sangat fleksibel, bisa perorangan bisa juga rombongan. Jangan lupa untuk rombongan bisa langsung reservasi 1 bulan sebelumnya ya. 

Museum Geologi juga menyediakan beberapa layanan virtual, ada virtual museum dan virtual tour. Virtual Museum ini mengajak pengunjung untuk bisa menjelajahi museum Geologi dengan view 360' sedangkan virtual tour salah satu layanan bagi pengunjung yang ingin menjelajahi museum Geologi secara streaming.

Berikut beberapa koleksi dari Museum Geologi

Manfaat dan Bencana Geologi

Sejarah Kehidupan


Museum Geologi
Jalan Diponegoro no. 57 Bandung 40122
Telepon: +62 22 7213822
Layanan Informasi: +62 811 1111 9330
Reservasi Kunjungan: +62 811 8880 1928 (WhatsApp)
Reservasi Virtual Tour: +62 811 8880 1929 (WhatsApp)
Email: museum-geologi@esdm.go.id


2. Taman Lalu Lintas 


Dikenal dengan nama Taman Lalu Lintas Ade Irma Nasution ini menghadirkan taman tematik mengenai kelalulintasan. Di Taman Lalu Lintas ini pengunjung akan diberikan edukasi mengenai rambu-rambu lalu lintas, aturan jalan dan juga keselamatan dalam bertransportasi.

Harga tiket masuk ke Taman lalu lintas ini cukup murah yaitu sebesar Rp 10.000,- untuk pengunjung diatas 2 tahun, sedangkan dibawah usia 2 tahun masih gratis ya. Buka setiap hari kecuali hari Jumat mulai pukul 08.00-15.00.  

Gak cuma tentang peraturan lalu lintas aja, disini juga ada wahana lainnya seperti kolam renang, kereta api mini, flying fox, kereta motor, sepeda mini, carousel, arena mainan anak, arena bermain balita dan masih banyak lagi wahana yang bisa dikunjungi dengan tiket yang beragam.

Seperti ini nih, saya dan keluarga mencoba wahana carousel dan kereta api mini. Seru sekali. Jadi inget masa kecil ya.



Selain anak-anak bisa happy, para orang tua pun bisa sekalian piknik gratis loh. Disini menyediakan banyak area outdoor yang bisa dipakai untuk makan dan minum lesehan dan enaknya lagi bisa membawa makanan dan minuman dari luar tanpa dikenakan biaya loh.

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution
Jl Belitung No 1 Bandung
Telp (022) 4201667

3. Bandung Zoo



Pilihan favorit si kecil nih pasti. Gak bosenin ya kalau wisata lihat satwa tuh, gak cuma anaknya aja yang happy, ortunya juga pasti happy. Sekarang Bandung Zoo atau Kebun Binatang Bandung ini udah makin kece loh tampilannya. Lebih bersih dan juga banyak wahana baru.

Buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00. Dengan harga tiket setiap hari Senin-Jumat Rp 50.000,- untuk Sabtu dan Minggu juga hari libur nasional Rp 60.000,. Sangat terjangkau bukan. Bahkan untuk anak-anak dengan tinggi dibawah 80cm masih gratis loh

Selain bisa melihat beraneka ragam satwa, pengunjung juga bisa langsung berinteraksi hewan seperti burung, rusa, binturong dan jerapan dengan cukup membeli pakan seharga Rp 10.000,-

Pengunjung juga bisa melihat pentas pertunjukan hewan secara gratis setiap harinya di pukul 11.00 dan 14.30. Seru banget deh melihat hewan beraksi. Agar mendapat pengalaman yang menarik, bisa juga loh menunggangi hewan seperti Gajah, Unta dan Kuda. Kali ini saya coba menaiki gajah, ternyata rasanya agak tegang ya, hehe. Tiketnya cuma Rp 30.000 aja.

Gajah Tunggang bernama Salma

Untuk kamu yang ingin ke Bandung Zoo bersama rombongan juga bisa, minimal 30 orang dan tentunya akan mendapatkan harga diskon plusnya lagi akan didampingi oleh tour guidenya. Gimana tertarik untuk menghabiskan liburan bersama keluarga ke Bandung Zoo? kalau aku sih tertarik ya.

Bandung Zoo
JL Kebun Binatang No 6 Bandung
Tlp (022) 2502770


Demikian beberapa rekomendasi destinasi murah dan ramah anak di kota Bandung, barangkali ada yang mau menambahkan?

You Might Also Like

16 Comments

  1. Emang ya, Bandung tuh punya daya tarik tersendiri. Banyak juga ya tempat wisata yang bisa dikunjungi dan baru - baru. Semoga next bisa ke Bandung sama keluarga besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya setiap minggu ada aja yang baru, apalagi tempat kuliner mam. Pusing haha

      Delete
  2. Emang ya, Bandung tuh punya daya tarik sendiri sebagai tempat wisata. Banyak juga ya yang bisa dikunjungi dan baru - baru. Semoga next bisa kesana sama keluarga besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba, kayaknya tiap minggu ada aja yang baru di Bandung

      Delete
  3. Museum Geologi yaa.. MashaAllah..
    Dari dulu sampai skarang HTM-nya masih tetep sama.
    Ini keren kata Aku sii.. mana museumnya juga unik kan yaa.. setiap ruangan membawakan tema lnya masing-masing.

    Anak-anakku sampek skarang masi suka banget main ke museum ini. Bisa nyobain simulasi gempa itu sii.. yang bikin happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget teh, dari jaman aku SD kesini tuh. Makin bagus sekarang mana suka ada night at Museum

      Delete
  4. Taman lalu lintas dari jamn aku esde sama punya anak esde tetep pilihan liburan tengah kota yang murab meriah, asim dan ga ribet haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makin bersih makin banyak banget permainannya teh

      Delete
  5. Aku udah semua nih kak, ada juga mini zoo sama museum NU art studio.. bisa jadi referensi juga buat ajak wisata edukasi anak2 di bandung

    ReplyDelete
  6. Selain ramah anak juga ramah kantong ya bun. I like it!
    Mau lebih murah lagi ke Bandung nya naik kereta kali ya ngecer kaya yg viral-viral wkwkwkw

    ReplyDelete
  7. seru banget ya Mbak, di Bandung banyak wisata murah meriah yang ramah anak pula yang tentunya bisa dikunjungi bersama keluarga sekaligus belajar sambil piknik menyenangkan ya :) dari kunjungan ke tempat-tempat seperti ini anak-anak bisa jadi belajar banyak juga dong ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, edukasinya dapet, hiburannya dapet, lengkap dah semuanya

      Delete
  8. Terima kasih rekomendasinya. Aku sering ngajakin ponakan ke bandung buat jalan dan suka bingung harus kemana. Sepertinya tempat2 yg ditulisan ini menarik utk dikunjungi

    ReplyDelete
  9. Pas liburan awal tahun kemarin aku sempat ajak anak-anak ke Museum Zoologi Bogor dan mereka senang banget. Nah pas banget nih kalau berikutnya ajak anak-anak ke museum Geologi. Apalagi di situ ada replika kerangka dinosaurus.

    ReplyDelete
  10. Museum Geologi ini saya sempat pengen ke sana kalau ke Bandung, sayangnya beberapa kali ke Bandung belum kesampaian juga untuk dapat mengunjungi museum Geologi, penasaran dengan dalamnya museum ini seperti apa

    ReplyDelete
  11. Boleh nih kalo ke bandung ke museum geologi karena blm pernah kesana jadi penasaran banget

    ReplyDelete