Momen Hari Kemerdekaan 17 Agustus yang Tidak Terlupakan

August 17, 2023

17 Agustus 1945


Tujuh belas Agustus tahun empat lima

Itulah hari kemerdekaan kita

Hari merdeka nusa dan bangsa

Hari lahirnya bangsa Indonesia......Merdeka


Setiap tanggal 17 Agustus diperingati sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia. 78 tahun sudah umurnya. Ternyata negara kita ini sudah tua juga ya. Dari waktu ke waktu perayaannya selalu dinanti oleh masyarakat seluruh negeri. Meskipun sekarang sudah kepala tiga dan punya anak satu. Kayaknya kenangan tentang persiapan acara hari kemerdekaan masih lekat sekali.

Memorable momen 17 Agustus

Inget banget karena dari kecil hobi nyanyi, orang tua selalu ngedaftarin ke panitia tujuh belasan sebutannya. Meskipun masih usia SD, tapi kala itu lagu yang aku suka adalah lagu-lagu dari penyanyi Nike Ardila. Padahal seinget aku, anak-anak seumuran tuh pada nyanyiin lagu Eno Lerian atau Trio Kwek-kwek. Kok aku bisa beda sendiri ya? malah bawain lagu Nike Ardila yang jelas-jelas bukan lagu anak-anak. Haha

Ternyata jawabannya adalah, karena mama dan kakek setiap weekend selalu hobi karaoke dirumah. Lagu yang disetel kalau bukan Nike Ardila ya Inka Christy dan lagu-lagu melayu yang hits pada jamannya. Masih pake kaset dan tape (dibaca tipdek) wkwk. Duh kalo inget masa itu seneng banget hidup belum ada beban, gak kayak sekarang *loh kok jadi curhat

Sampailah ke usia SMP, mulai aktif ikutan karang taruna. Ternyata seru sekali. Berasa 'kepake' bangetlah meskipun masih jadi anak bawang  istilahnya. Karena dulu masih ngintilin si teteh alias kaka. Ikut lomba cerdas cermat, makan kerupuk, masukin paku ke botol, joget balon, ikut jadi panitia tujuh belasan, sampai akhir acara, bikin malam puncak ada panggung yang gongnya adalah pentas penyanyi dangdut atau pertunjukkan wayang. Kalau pentasnya udah ini tuh berarti acaranya sukses loh, dan dana juga cukup.

Di usia SMA, ini nih baru usia mateng banget. Dipercaya jadi seksi acara di karang taruna. Pertama kalinya ngadain kabaret dengan bahasa Sunda. Sengaja dibuat jadi acara puncak, dulu sempet gak berekspektasi tinggi takut penontonnya sedikit, ternyata banyak banget warga yang nonton di panggung yang tinggi itu. Rasa bangga campur deg-degan ada. Berperan jadi 'Icih' gadis kota yang tiba-tiba tinggal di desa. Sampai adegan bawa bebek asli, dan ternyata pas dipegang si bebek sempet-sempetnya buang kotoran, haha itu momen malu banget campur pengen ngakak.

Karena gak biasa pake bahasa Sunda, penonton semua tertawa terbahak-bahak lihat peranku. Ini sih memorable banget deh. Petjaaah. Pembubaran panitia pun dilakukan dua hari dengan acara camping di Rancaupas Ciwidey. Seru bangeet.

Sayang banget sih, semua momen ini foto-fotonya gak ada sama sekali.

Manfaat ikut organisasi Karang Taruna

Semenjak kuliah sampai lulus dan jadi pekerja. Udah gak pernah lagi ikut karang taruna. Padahal banyak banget sih manfaatnya ikutan organisasi karang taruna tuh.

  1. Dapet pengalaman ketemu orang banyak, dengan banyak perbedaan sifat, karakter
  2. Bisa mengenal karakter orang, apalagi pas rapat karang taruna pasti deh ketahuan watak aslinya gimana, ada yang seneng adu argumen, ada yang pengen didengerin terus, ada juga yang cuma pengen nimbrung aja alias blah bloh
  3. Kita bisa menilai seseorang dan diri kita sendiri. Apakah kita orang yang bervalue, atau kita cuma pengen enaknya doang
  4. Salah satu nilai plus buat fresh graduate pas lagi wawancara kerja apalagi mejeng di CV, benerkan?

Masa kini, semenjak udah menikah dan jadi ibu, selain memutuskan untuk jadi full time mom, aku pun udah gak pernah lagi ikut organisasi karang taruna. Tapi pengalaman jadi ibu taun ini tuh Masya Allah banget deh.

Kalau tahun-tahun sebelumnya ngebet banget jadi anak tarka. Sekarang cukup jadi peserta yang nikmatin acaranya. Tahun lalu anak masih 1 tahun dan belum bisa jalan mandiri, tahun ini karena anak udah 2 tahun pertama kalinya ngedandanin anak ikut karnaval lomba baju adat. Seru dan riweuh juga ternyata, apalagi Preparationnya itu loh sebenernya yang agak rempong wkwk, maklum ya emak-emak awal anak satu jadi masih excited banget. Baju adatnya pun ogah nyewa, beli aja di toko orange udah banyak tersedia. haha

Aisyah dan teman-temannya

Tema kali ini aku sengaja ambil adat batak dengan pakai kain ulos yang bernuansa merah. Wah tjakep pool anakku, Masya Allah. Meskipun cuma dapet juara 5, Alhamdulillah bisa ikut memeriahkan keseruan 17 agustus di lingkungan rumah. Semoga tahun depan masih ada umur, jadi udah bisa ikut lomba yang lain ya de.

Hampir lupa, aku juga mau ngucapin Selamat ulang tahun ya buat negeriku tercinta Indonesia. Semoga semakin subur, makmur, jaya, gak cuma pemimpinnya tapi rakyatnya pun makmur sentosa. Harapannya juga kita sebagai warga negara bisa mencintai dan menghormati tanah air sendiri dengan berakhlaq baik, sopan santun, menjaga nama baik bangsa dan bisa menyayangi tanah airnya dengan salah satu caranya menjaga kelestarian alam agar generasi kita selanjutnya bisa merasakan keindahan Indonesia ini. 

Jaya selalu Indonesiaku. Merdeka

You Might Also Like

0 Comments