Planet Ban Tempat Service Motor Rasa Mesin Baru

July 22, 2023

Oli Motor Matic

 

Ibu-Ibu kalau bawa motor tuh sen kanan, padahal belok kiri. Sen kiri padahal belok kanan. Gak apa-apa ya bu, asalkan motornya selalu dirawat alias di service.


Ngomongin soal motor, seberapa sering sih melakukan service motor? Apa jangan-jangan cuma mau makenya doang tanpa pernah merawat. Aduh sayang banget. Padahal motor juga sama halnya dengan tubuh manusia, kalau tidak dirawat ya pasti banyak penyakitnya atau malah cepet rusaknya. Bisa loh di service tapi rasa motor baru

Service motor sendiri merupakan pengecekan kondisi motor secara rutin yang dapat dilakukan saat motor sudah mencapai jarak tempuh tertentu. Bagian yang dicek pun banyak nih, jadi kita sebagai pemilik motor harus tetap teliti dan pilih tempat service motor yang terpercaya seperti Planet Ban.

Planet Ban Bengkel Service Motor Terbaik

Planet Ban
sumber :planetban.com

Planet ban merupakan toko suku cadang otomotif roda dua dengan layanan utamanya adalah Service rutin 5.000 KM. Ada juga oli X-ten yang tahan lama dan ban motor sebagai produk dagang utamanya. Dengan slogan Service Motor Rasa Mesin Baru, Planet ban menghadirkan sistem service terpadu. 

Tujuan melakukan jenis service motor seperti ini adalah untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya yang lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada service motor rasa baru ini yaitu memeriksa bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang terlihat untuk di service termasuk bagian yang jarang dicek dan disetel rutin.

Untuk pengendara motor, wajib perhatikan 8 bagian ini ya saat melakukan service motor 

1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, kamu perlu rutin mengganti oli sesuai jarak tempuh yang tercapai dimana rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian di 2500 Km. Biasanya, biaya yang perlu kamu bayar, meliputi biaya pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang dipasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi wajar kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan

Oli Gardan biasanya ditemukan di motor matic. Para pengguna motor matic wajib secara berkala mengganti oli gardan/oli motor matic ini. Karena oli gardan ini berfungsi untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus dua kali ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan satu kali ganti oli gardan.

3. Busi

Busi ini merupakan bagian dari motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. 

Jika busi tidak berfungsi dengan baik, maka motor pun akan sulit untuk dinyalakan. Untuk itu, pergantian busi secara berkala wajib dilakukan.

4. Kampas Rem

Kampas rem adalah salah satu komponen pengereman pada motor yang berpengaruh pada keselamatan pengendaranya. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Inilah alasan pentingnya mengecek dan mengganti kampas rem secara berkala.

5. Filter Udara

Filter udara ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya saat diperiksa oleh mekanik, mekanik akan memutuskan apakah filter udara ini bisa dibersihkan saja atau harus diganti.

6. Aki (Accu)

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, maka berarti ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan lebih detail. Kondisi aki yang sudah tidak layak pakai ini harus segera diganti agar kamu tetap bisa berkendara dengan nyaman memakai motor.

7. Ban

Ban termasuk yang penting juga loh untuk dilakukan pemeriksaan secara berkala. Bahkan setiap kali bepergian, idealnya kamu sebagai pengendara harus selalu mengecek kondisi ban sebelum melaju. Saat service motor, mekanik akan melakukan pemeriksaan tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Secara Rutin

Service motor tune up adalah service rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Namun adakalanya tune up motor ini akan disertai dengan penggantian oli mesin, oli gardan, bahkan sparepart. Tentu saja semua ini setelah dilakukan pemeriksaan mendetail oleh mekanik, jika pemilik kendaraan setuju untuk mengganti semua maka akan dilakukan, namun jika tidak setuju bisa disesuaikan saja.

Kalau sudah tahu bagian mana saja yang wajib diperhatikan saat servis motor. Sekarang apa sih manfaat dilakukan servis motor secara berkala? Apalagi kalau dilakukan di Planet Ban.

Keuntungan Melakukan Service Motor di Planet Ban

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak)
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat. 
  • Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Perbedaan Service Motor di Planet Ban dan Di Tempat Lain

Planet Ban
sumber : planetban.com

Jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Makanya disebut Servis Motor Rasa Mesin Baru. Bahkan bagian kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya dibersihkan dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

Namun bila dilakukan ditempat lain selain Planet ban, biasanya motor masih terlihat banyak kotoran, debu dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan ada juga blok CVT nya masih banyak debu sehingga membuat motor terasa berat.

Pokoknya service motor di Planet Ban ini bikin motor kamu seperti motor baru dan hasil tarikannya jadi lebih enteng, emisi pun turun lebih dari 70% dan mesin bersih total. 

Untuk harga service motor rasa mesin baru ini terjangkau sekali. Untuk service injeksi motor cuma Rp 20.000an aja, service CVT sekaligus rantai Rp 19.500 dan service throttle body juga cuma Rp20.000. Murah bangeeet ya.

Nah, buibu nih yang suka lupa service motor, udah siap untuk service motornya ke Planet Ban? Kalau siap langsung aja datengin Planet Ban terdekat ya dan dapatkan layanan terbaik untuk service motor rasa mesin barunya.



You Might Also Like

34 Comments

  1. Planet ban ini andalan ku untuk service motor mak. kebetulan dekat rumahku ada Planet Ban. hasilnya juga memuaskan banget menurutku

    ReplyDelete
  2. Waaah, ini dia hal rutin yang harus dilakukan jika punya motor :) Kebetulan motor matic-ku diservis secara berkala. Enaknya di Planet Ban ini selain produknya berkualitas dan harganya terjangkau, mekaniknya juga konsul dulu pada konsumen mau diganti atau tidak.

    ReplyDelete
  3. Wah bener sih mba, kalau rutin check up bakal menjadi mesin moncer terus ya, kalau jarang diservice pasti ada masalah yang gak terdeteksi bikin rusak mesin dan ganggu performance

    ReplyDelete
  4. Ternyata di Planer Ban nggak hanya bisa beli ban saja
    Tetapi juga bisa servis ya mbak
    Bikin motor rasa baru lagi klo servis di Planet Ban ini

    ReplyDelete
  5. Dulu, saya pikir Planet Ban hanya toko menjual ban. Ternyata bisa service motor juga di sini. Komplit ya pelayanan service-nya. Bisa dipercaya juga karena Planet Ban udah punya nama.

    ReplyDelete
  6. Hai mba Mega. Aku pernah service motor di planet ban. Prosesnya juga teliti dan mereka sebelum ganti spare part, konfirmasi dulu ke kita. Kondisi mesin juga jadi lebih bagus dan bersih :)

    ReplyDelete
  7. Waduh keren banget ya Bengkel Planet Ban ini.
    Ini cucu2 bunda kudu baca postingan ini karena ....ember cuman taunya MAKE doank tp kurang sekali tentang MERAWAT motor. Di sini udah ada semua lengkap poin2 yg hrs diperhatikan utk menjaga barang/motor kesayangan terawat dengan baik....

    ReplyDelete
  8. Nah, baca artikel ini jadi ingat kalo motor aku belum ganti oli, hehehe. Penting banget ini supaya nyaman berkendara dan gak ada problem di jalan

    ReplyDelete
  9. Saya termasuk yang bisanya pake doang nih, bagian motornya apa aja ga ngerti hehehee... Kan udah ada Planet Ban, tinggal bawa ke sana bereeess.. yang penting harus service rutin

    ReplyDelete
  10. Dulu ada candaan bahwa kalau perempuan itu bisanya cuma pakai motor. Kalau urusan service dan perawatan adalah urusan bapak atau suami. Ternyata gak juga ya, karena para pemotor perempuan sekarang banyak banget jumlahnya, dan berbagai kesibukan dari bapak atau suami juga beruntun, makanya perempuan masa kini juga dituntut untuk bisa membawa motor ke tempat service ya. Apa lagi kalau ada layanan seperti Planet Ban, membantu banget lah pastinya

    ReplyDelete
  11. Hanya 300 meter dari rumah. Makanya suamiku paling sering servis ke Planet Ban. Selain dekat selalu puas dengan layanannya.

    ReplyDelete
  12. Motor itu memang harus rutin diservice, ya. Supaya nyaman dan aman dipakainya. Jadi meskipun motor lama tapi kerasa kayak motor baru.
    Pak suami nih yang suka rajin ngingetin, jangan hanya pake aja, tapi harus juga mau bawa ke Planet Ban untuk diservice

    ReplyDelete
  13. Penting banget ini Mak, melakukan servis motor secara menyeluruh adalah cara merawat motor dan pengendaranya juga. Kalau motor bermasalah maka akan berimbas ke pemakainya kan? Namun, saya penasaran dengan Planet Ban, ini ada di mana saja yah? Apakah ada juga di daerah lain seperti di kotaku, Makassar?

    ReplyDelete
  14. Harga servicenya terjangkau ya... Saya sih jangankan merawat motor, pakai motor aja engga bisa, hihihi...

    ReplyDelete
  15. Planet ban ini andalan banget. Kerjanya rapih, hasil servicenya memuaskan. Buat cewek cewek nggak perlu khawatir dan bingung kalau disini, soalnya biasanya dikasih saran dan masukan apa apa yang emang perlu service berkala.

    ReplyDelete
  16. penting banget memang servis motor secara rutin agar performa motor itu tetap baik dan bikin berkendara jadi nyaman. pengen juga jadinya servis motor di planet ban, motor jadi serasa mesin baru dengan harga yang terjangkau

    ReplyDelete
  17. Harganya terjangkau juga yaaa

    Punya kendaraan tuh emang kudu rajin diservice apalagi kalau setiap hari perjalanan jauh. Kalau motornya bener, dipakai juga nyaman kan

    ReplyDelete
  18. Motorku nih, udah saatnya ganti oli. Kasihan dia dipakai terus tapi belum aku bawa ke bengkel untuk service. Huhu. Di dekat sini ada Planet Ban juga, nanti aku coba ajak motorku ke sana.

    ReplyDelete
  19. Tim rutin service nih. Alhamdulillah sampai saat ini performa motorku masih sangat baik dan terawat. Ganti ban 2x dan dua2nya di planet ban, cocok juga service serta barangnya gak kaleng2

    ReplyDelete
  20. Asliii buibu bakal hepi, dengan harga terjangkau sekali, service motor di Planet Ban bakal bikin motor seperti motor baru dan hasil tarikannya jadi lebih enteng, emisi pun turun lebih dari 70% dan mesin bersih total. Yeay!

    ReplyDelete
  21. Servis motor di Planet Ban ini memang bagus pelayanannya. Saya pernah ganti ban di Planet Ban emang bagus sih servisenya juga. Lebih milih ke Planet Ban dibandingkan ditempat lain soalnya puas ama pelayanannya

    ReplyDelete
  22. alhamdulillah rumahku deket sama planet ban, beneran terbantu banget deh service motor di planet ban, apalagi dengan harga yang terjangkau dan pelayanannya yang bagus

    ReplyDelete
  23. https://www.megarachma.com/2023/07/planet-ban-tempat-service-motor-rasa.html

    ReplyDelete
  24. Saya sebagai motoris, wajib banget perhatiin komponen-komponen itu ya, soalnya motor itu modal kerja. Kalo gak servis bisa berabe ke depannya. Apalagi kalo udah turun mesin, tambah mahal servisnya. Kalo servis apalagi dengan biaya terjangkau di Planet Ban, motor bisa awet....

    ReplyDelete
  25. Suka deh sama taglinenya Planet Ban: servis rasa mesin baru. Kalau bisa mempertahankan kualitas servisnya pasti pelanggan akan loyal servis ke sana. Pengalamanku pernah servis di tempat servis motor resmi, dikit-dikit sparepartnya suruh ganti. Hadehhh. Waktu itu aku belum ngerti betul tentang motor jadi iya iya aja

    ReplyDelete
  26. Aku masih tipe yang pake doank nih, soalnya suami yang rutin bawa ke bengkel. Ternyata banyak banget yang harus dicek yaa. Tapi beneran kerasa beda banget sih motor kalau habis diservis, jadi enak lagi dibawanya, ihihi.

    ReplyDelete
  27. aku termasuk yang suka lupa service rutin motor, mbak. hihi. jadinya suami harus sering ingatin waktunya motor ganti oli atau bilangin motornya nggak enak dipakai

    ReplyDelete
  28. Biasanya sen ini bikin gemeess.. kadang uda nyalain, tapi gak belok-belok. Jadi yang belakang pada pelan-pelan, ati-atttii dan alon-alon.
    Namanya berkendara, pasti banyak cerita. Semoga bukan cerita sedih kaya kendaraan mogok, dan hal-hal serupa. Jadi kudu banget rutin service ke Planet Ban. Agar motor tetap okey dan fit.

    ReplyDelete
  29. Planet ban memang bengkel terbaik dan terpercaya, bisa dijadwalkan rutin servis ke sini nih agar mesin motor rasa baru sellau

    ReplyDelete
  30. Suamiku kalau ganti ban selalu ke Planet Ban. Pernah ikut dia nemenin ganti ban cepat banget sat set layanannya.

    ReplyDelete
  31. Planet Ban ini biaya servicenya cukup bagus tapi biaya servisnya masih masuk kantong yaa. Emang yang namanya kendaraan kudu banget rutin diservis supaya mesinnya tetep awet dan body motor juga terawat apik ya.

    ReplyDelete
  32. Tempat favoritnya Om sih kalau ini
    Kalau bicara otomotis sama temannya suka nongkrong di sini
    Pelayanannya memanjakan pelanggan katanya

    ReplyDelete
  33. Planet Ban ini ada di mana-mana banget ya Mba Mega, di tempatku ada setengah jam dari rumah. Tapi belum pernah coba ganti mesin oli di sana mau ah kapan-kapan

    ReplyDelete
  34. Wah ternyata emang beneran murah yaa. Aku suka lewatin beberapa bengkel Planet Ban kalau pas ke kantor dan emang rame ya. Terus juga suka ada banner promo pembelian ban. Ternyata rame emang karena murah dan servicenya memuaskan ya.

    ReplyDelete