Tunaikan Zakat Fitrah dengan Mudah Melalui Layanan Online Rumah Zakat

April 15, 2023

"Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan." (HR At-Tirmidzi) 

Salah satu kewajiban yang wajib ditunaikan sebagai umat muslim selain berpuasa di bulan Ramadhan adalah membayar zakat fitrah. Ternyata zakat fitrah ini merupakan ibadah penyempurna, penutup dari segala kekurangan kita selama kita menjalankan ibadah puasa loh. Jadi, sebelum THR habis untuk berburu baju baru, yuk tunaikan kewajiban dulu dengan berzakat.

Sekilas Tentang Zakat

Zakat berasal dari kata zaka yang berarti suci, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat, karena didalamnya mengandung harapan untuk memperoleh keberkahan dan juga membersihkan jiwa. Zakat juga termasuk dalam salah satu rukun islam. Pembayar zakat fitrah biasa disebut Muzakki, sedangkan penerima zakat disebut Mustahik.

Secara umum Zakat dibagi menjadi dua yaitu 
1. Zakat Maal : Zakat harta, seperti uang, emas, surat berharga, penghasilan dan lainnya
2. Zakat Nafs : Zakat jiwa atau lebih sering disebut zakat fitrah

Nah, berhubungan kita sedang ada di bulan Ramadhan, kali ini kita akan membahas mengenai zakat fitrah. 

Tentang Zakat Fitrah

www.rumahzakat.org

Zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik laki-laki maupun perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW 

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 65 tahun 2022 menyatakan adanya perubahan takaran Zakat Fitrah dalam bentuk beras yang semula sebesar 2.5 kg sekarang menjadi 2.7 kg. Zakat fitrah yang ditunaikan dalam bentuk besar seberat 2.7 kg atau 3.5 liter per jiwa. Kualitas makanan pokok, atau beras yang dizakatkan harus sesuai dengan kualitas yang biasa dimakan sehari-hari oleh Muzakki (Pembayar Zakat).

Muzakki dilarang mengurangi kualitas beras yang akan dizakatkan. Pembayaran zakat fitrah pun bisa dikonversikan dalam bentuk rupiah, seharga dengan berat beras yang telah ditentukan.

Waktu terbaik menunaikan zakat fitrah adalah di akhir bulan Ramadhan menjelang sholat idul fitri atau tenggelamnya matahari, namun boleh juga ditunaikan di awal Ramadhan.

Delapan Golongan Penerima Zakat (Mustahik)

www.rumahzakat.org

Dalam surat At Taubah ayat 60, Allah berfirman tetang delapan golongan orang yang menjadi penerima zakat. Diantaranya :
  1. Fakir, yaitu orang-orang yang hampir tidak memiliki apa-apa sehingga tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.
  2. Miskin, yaitu orang yang memiliki harta namun harta tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka.
  3. Amil, yaitu orang-orang yang mengumpulkan dan mendistribusikan zakat.
  4. Mualaf, yaitu orang yang baru masuk islam dan memmerlukan bantuan dalam menguatkan tauhid dan syariatnya.
  5. Riqab, yaitu budak atau hamba sahaya yang ingin memerdekakan dirinya namun tidak memiliki harta.
  6. Gharimin, yaitu orang yang berhutang untuk mencukupi kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya.
  7. Fisabilillah, yaitu orang-orang yang berjuang di jalan Allah, misalnya dalam bentuk berdakwah, berjihad dan lainnya.
  8. Ibnu Sabil, yaitu orang-orang yang kehabisan harta/biaya di perjalanan dalam bentuk ketaatan kepada Allah.

Keutamaan Zakat Fitrah 

Keutamaan-keutamaan dalam melaksanakan zakat fitrah adalah :
  • Zakat sebagai pembersih diri
Dengan menunaikan zakat fitrah, artinya kita melakukan pembersihan diri dari dosa dan perbuatan keji. Karena selama bulan puasa ini, pasti ada khilaf dan dosa yang kita lakukan baik sadar maupun tidak. Untuk itu zakat fitrah ini bisa menjadi perisai kita dalam membersihkan diri.

  • Zakat sebagai penyempurna ibadah puasa
Zakat fitrah itu menjadi penyempurna ibadah puasa kita. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :
"Puasa pada bulan Ramadhan, digantungkan antara langit dan bumi, tidak diangkat kepada Allah kecuali dengan zakat fitrah."

  •  Zakat sebagai penolong bagi sesama muslim

Dengan mengeluarkan zakat fitrah, artinya kita membuktikan kepedulian kita terhadap sesama muslim yang memang memerlukan bantuan. Sehingga momentum menyambut hari raya idul fitri pun dapat dirasakan oleh sesama muslim dengan perasaan bahagia.

Tunaikan Zakat Fitrah dengan Mudah Melalui Layanan Online Rumah Zakat



Menunaikan zakat fitrah ternyata banyak sekali loh caranya. Ada yang sudah dikelola RT RW setempat, DKM Masjid lingkungan rumah dan juga melalui lembaga amil zakat terpercaya. 

Salah satu lembaga amil zakat nasional yang kita punya adalah Rumah Zakat. Rumah Zakat ini merupakan lembaga amil zakat nasional milik masyarakat Indonesia yang bisa mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana kemanusiaan lainnya melalui serangkaian program terintegrasi di bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, dan lingkungan. Dengan tujuan untuk mewujudkan kebahagiaan masyarakat yang membutuhkan.

Melalui zakat dan donasi dari masyarakat Indonesia, Rumah Zakat menghadirkan Desa Berdaya. Desa berdaya ini merupakan pendekatan program pemberdayaan wilayah binaan berdasakan pemetaan potensi lokal. Desa Berdaya merupakan cara kita memberdayakan Indonesia yang terintegrasi di wilayah desa berdasarkan pemetaan potensi lokal di bidang ekonomi, lingkungan, kesehatan, pendidikan dan kesiapsiagaan bencana. 

Di bulan suci Ramadhan ini, Rumah Zakat pun ingin mempermudah masyarakat Indonesia untuk menunaikan zakat fitrah. Tidak perlu lagi datang ke kantor cabang, karena zakat fitrah melalui Rumah Zakat kini bisa melalui layanan online

Dalam layanan online ini pun ada pembahasan sekilas mengenai zakat fitrah sebagai pengetahuan bagi para muzakki. Masyarakat pun dipermudah lagi karena ada fitur kalkulator zakat yang dapat menghitung secara akurat seberapa besar zakat yang harus dikeluarkan.

www.rumahzakat.org

Masya Allah sangat memudahkan sekali ya layanan online dari Rumah Zakat ini. Cukup melalui smartphone saja, insya Allah zakat akan disalurkan kepada penerima manfaat. Info selengkapnya bisa mengunjungi website Rumah Zakat di www.rumahzakat.org atau sosial media Instagram @rumahzakat




You Might Also Like

0 Comments