One Day In Yogyakarta - Merasakan Solo Traveler Pertama Kalinya

November 08, 2022

One day in Yogyakarta. Merasakan jadi solo traveler untuk pertama kalinya. Keseruan perjalanan dua hari satu malam di Yogyakarta yang gak akan aku lupakan. Gak pernah bosen sama kota satu ini. Bahkan dulu, sempat tersirat untuk bekerja di kota ini, selain biaya hidupnya murah, betah aja gitu lama-lama di Yogya.

Perjalanan ke Yogyakarta ini sebenernya dilakukan Februari 2020, so satu bulan sebelum pandemi datang. Beneran liburan express tanpa rencana dan bisa dibilang 'solo traveler'. Jadi, mohon maaf ya kalau beberapa foto dokumentasi udah gak ada haha

Gak perlu panjang lebar lagi deh, kita mulai yuuk

Day 1 Yogyakarta - 28 Februari 2020

Hari itu jumat malam tanggal 28 Februari 2020, aku membeli tiket kereta api jurusan Bandung-Yogyakarta dengan kereta Mutiara Selatan. Kurang lebih berangkat jam 20.30. Aku sengaja beli kereta malam, karena selain bisa tidur, aku pun berencana untuk jalan-jalan pagi di sekitaran Malioboro sebelum check in hotel.

Sampe di Yogyakarta kira-kira jam 04.00 pagi. Sambil nungguin adzan subuh, aku memilih untuk menunggu di mushola biar bisa sekalian shalat subuh berjamaah.

Start jam 06.00 aku pergi meninggalkan stasiun. Berjalan kaki menyusuri jalan Malioboro di pagi hari, masih sepi, suasananya nyaman banget, udara juga sejuk. Belum banyak kendaraan yang lalu lalang, toko-toko pun hampir semua belum buka. Karena aku pun hanya membawa ransel kecil, jadi cukup nyaman untuk berjalan santai di sekitaran jalan Malioboro

Gak kerasa perut mulai ngasih sinyal kalo perlu diisi, akhirnya aku memutuskan untuk mampir sarapan di salah satu angkringan di jalan Malioboro. Beli nasi kucing cuma 5000an aja udah cukup kenyang untuk bekal mengawali hari. Kurang lebih begini nih penampakannya.

Angkringan Malioboro

Perut udah kenyang nih alhamdulillah. Bingung mau kemana lagi ya, tapi karena sebelumnya aku udah ngabarin temenku yang ada di Jogja, perjalanan solo traveler ini akhirnya menjadi duo traveler, hehe.

Yess, Nuha. Temanku di Jogja ngabarin kalo bisa nemenin jalan-jalan mulai jam 11.00 siang nanti. Ahhh seneng banget rasanya perjalananku diguide langsung sama orang asli Jogja. Sambil nunggu jam 11.00 aku memutusakan mencari coffee shop yang udah buka di pagi hari.

Scroll-scroll di Instagram nemulah tempat ngopi yang udah buka jam 7 pagi. Akhirnya setelah ditelusuri menggunakan ojol, tempatnya kecil dan berada di kawasan kampus UGM. Agak kecewa sih, tapi yaudahlah udah nyampe juga. Untung terbayarkan dengan rasa kopi yang lumayan enak. Satu cangkir hot latte ditambah roti udah membangkitkan semangatku untuk menjelajahi kota ini. (jujur aku lupa nama tempat kopinya apa, tapi udah lumayan penuh oleh mahasiswa).

Gak berasa waktu udah nunjukin jam 09.00. Mumpung masih di kawasan UGM, gak ada salahnya kita eksplore sedikit tempat ini. Aku memutuskan untuk mendatangi masjid besar kampus UGM. Masya Allah masjidnya besar sekali, pelataran masjidnya juga bagus. Aku pun menyempatkan untuk beribadah dulu disini sambil nunggu kabar dari Nuha.

Masjid UGM
Pelataran Masjid kampus UGM

Kriiing....kriingg...

Kriiingg... kriiingggg..

HPku berdering, ternyata Nuha udah siap nih untuk jadi tour guide dan kita janjian di Malioboro. Langsung deh aku capcuusss.

Seneng banget akhirnya ketemu lagi sama Nuha. Nuha ini teman satu komunitas blogger gitu di Bandung, tapi karena kuliahnya udah selesai, jadi Nuha kembali ke alamnya, hehe maksutnya ke kampungnya di Yogya.

Perjalanan motoran dengan Nuha dimulai nih. Dari Malioboro, kita memutuskan untuk menuju hotel tempatku menginap. Aku menginap di salah satu hotel di Jalan Prawirotaman, namanya Adhistana Hotel.

Adhistana Hotel

Salah satu hotel incaran aku, akhirnya kesampean juga nginep disini. Di hotel ini meskipun keliatan kecil dari luar, ternyata fasilitasnya lumayan lengkap. Roomnya juga beragam.

Mulai dari Dormitory (asrama) buat laki-laki dan perempuan, Superior double dan twin, Deluxe double dan twin, dan yang paling besar ada tipe Studio suite.

Fasilitas lainnya juga ada, swimming pool, living room yang tersedia di beberapa sudut.

Adhistana Hotel
Pool View

Adhistana Hotel Living Room
Beberapa area Living Room

Selain fasilitas tadi, aku memilih nginep disini karena hotelnya cukup aesthetic. Mudah dijangkau dan dekat dengan beberapa tempat makan terkenal seperti Tempo Gelato. Buat kamu yang doyan foto, setiap sudut hotel ini tuh punya view yang bagus banget. Padahal cuma terdiri dari tiga lantai, itu pun akses naik turun hanya menggunakan tangga manual, gak ada lift. Tapi worth it lah dengan harga mulai dari 300ribuan aja per malam.

Area tangga untuk akses naik dan turun

Room yang aku pilih adalah tipe Deluxe double di lantai 2 dengan pool view tanpa sarapan. Untuk sarapan, aku mutusin untuk nyari sarapan sendiri sih, hehe.

Setelah istirahat sebentar di kamar, sambil beres-beres. Akhirnya kita memutuskan untuk mulai jalan. Kira-kira first place yang kita kunjungi kemana ya?

Ngopi di Filosofi Kopi Yogyakarta

Pilihan jatuh kepada Filosofi Kopi. Tempat pertama nongki cantik kita yang dikunjungi di siang menuju sore kali ini.

Filosofi Kopi Jogja

Akhirnya kita motoran ke Filosofi Kopi mengandalkan maps wkwkw. Untung aja aku termasuk cewek yang bisa baca maps. Buktinya gak nyasarkan, meskipun di tengah perjalanan kita kaya blusukan ke suatu kebon wakamsi (warga kampung sini) gitu ya, tapi gak apa-apa akhirnya nyampe juga.

First impression aku buat Filsof ini, tempatnya lumayan luas, lebih banyak outdoor areanya dengan suasana alam banget, banyak pepohonan dan tumbuhan dimana-mana. Belum lagi area lantai pun dibuat senatural mungkin hanya mengandalkan bebatuan. Kursi dan meja pun sebagian terbuat dari kayu, sebagian lagi bernuansa vintage. Kurang lebih ginilah penampakannya hehe

Untuk menu minuman dan makanan selain kopi juga tersedia dan harganya pun cukup terjangkau.

Terbayarkan sudah rasa penasaran sama Filosofi Kopi gara-gara ada filmnya ya. Makanan dan minumannya menurutku standar kaya di tempat ngopi di Bandung. Pembedanya selain suasana ada bangunan khas jogja ya yaitu rumah joglo.

Gak berasa ternyata hari udah mulai sore. Sebelum menuju hotel, Nuha masih ngajak aku buat kulineran malam nih di Jogja. Kita menuju salah satu sentra buah duren. Bhumi Durian namanya.

Kulineran Serba Durian di Bhumi Durian

Bhumi Durian

DURIAN (dibalik duri ada kenikmatan) pas banget hashtagnya buat tempat yang satu ini. Buat kamu pecinta buah durian, kalo mampir ke Jogja, aku saranin banget buat datang kesini. Tempatnya ada di Jalan Monjali, Ngaglik, Sleman.

Disini gak cuma jual buah durian utuh aja, tapi banyak banget loh olahan dari buah durian yang bisa kamu icip-icip juga. Duriannya pun hadir dari berbagai jenis, mulai dari durian lokal, montong, super dan jenis durian lainnya.

Kebetulan banget aku disini pesan durian kupas dan es durian runtuh sebagai dessert di malam ini. Rasanya gak perlu ditanya manis, enak, mantablah pokoknya.

Es Durian Runtuh
Durian Kupas dan Es Durian Runtuh

Ets, tapi kalo masih lapar, disini juga tersedia makanan berat seperti menu olahan nasi, nasi goreng, mie goreng dan menu lainnya. Soal harga duriannya bervariatif mulai dari 50ribuan aja, tergantung jenis durian yang dipilih.

Nah, kira-kira udah ngiler belum ngeliat aku makan es durian runtuh ini? beneran runtuh duriannya. hehe.

Gak kerasa waktu makin malem, perjalanan hari ini harus selesai. Aku dan Nuha memutuskan berpisah disini, aku kembali ke hotel menggunakan ojol.

Tapi tenang ya, perjalanan di Jogja masih akan berlanjut besok. Kira-kira bisa nebak gak ya, hari kedua di Jogja aku dan Nuha bakalan kemana? kalo penasaran makanya tungguin kelanjutan cerita ini ya.

Sampai jumpa.

To be continued.........

You Might Also Like

32 Comments

1. Keren yaaa namanya DURIAN (dibalik duri ada kenikmatan) Insya Allah kalo ke Yogya aku mampir ke sini yaaa

ReplyDelete
  2. Saya belum kesampean juga menginap di Adhistana. Padahal suka deh kalau lihat foto-fotonya yang banyak beredar di Internet. Harus mulai rencanakan jalan-jalan ke Jogja kayaknya :)

1. segerakan booking aja mba adhistananya via ota hehe

Delete
  3. Wuah seru banget siiihhhh. Udah lama aku tak jadi solo traveler sejak jadi ibu2. Kalaupun gak ajak anak biasanya ma temen2 haha. Jdi pengen mengulang masa2 jd solotraveler saat masih gadis. Aalagi explore Yogyakarta seru banget pastinya ya.
    Jd kepengen nginep Adhistana juga kalau ada kesempatan ke Yogya lagi :D

Replies
    1. sama mbak, semenjak jadi emak-emak kapan ya solo traveller lagi haha. paling solo travellernya ke kajian aja itu juga gak lebih dari 2jam hehe

Delete
  4. Belum kesampean ke Yogya nih terakhir ke Yogya thn 2009 udah lama pisan wkwkw smeoga bisa ke sana brg keluarga

Replies
    1. wah lama banget sih itu, alhamdulillah bulan april 2022 kemaren aku abis dari jogja juga mba hehe

Delete
  5. asik banget jalan-jalan sendirian gini (sama tour guide). aku juga penasaran sama filosofi kopi, ternyata begitu yaa, enak untuk nyantai kayanya :D

ReplyDelete
  6. melakukan solo travelling itu bisa dibilang ngeri-ngeri sedap ya, mbak terutama kalau buat pertama kalinya. aku secara pribadi kayaknya lebih suka traveling sama teman ketimbang sendirian soalnya nggak terlalu berani pergi sendiri ke mana-mana

Replies
    1. next cobain aja mba solo traveller, gak perlu jauh-jauh dulu kalo masih takut. seru juga kok ternyata

Delete
  7. Seumur-umur aku belum pernah solo travelling lho mbak (apakah aku terlalu manja? Hahaha). Tapi kayanya seru ya kalau jalan-jalan sendirian, tidak terikat oleh orang lain. Ada tips nggak mbak untuk wanita yang mau solo travelling biar aman. Soalnya ngeri juga kan kalau sendirian terus ada apa-apa.

Replies
    1. awalnya aku juga gitu mba, tapikan dari semenjak sekolah smp lah pergi ke sekolah sendiri, apa bedanya ya. ke kantor juga sendiri. jadi nyobain petualangan yang agak jauh, yang belum sih umroh sendiri hehe aamiin

Delete
  8. Seru juga solo travelling ya mbk, zaman masih kuliah sih pernah terbang ke Jakarta atau Yogya sendirian, sejak menikah belum pernah lagi aku wiih kangen ke Yogya lagi deh

Replies
    1. semenjak menikah dan punya anak belum lagi solo travelling hehe. kangen juga kadang gak diintilin bocil hehe

Delete
  9. Yogyakarta rasanya jadi kangen menjejak lagi di kota itu. Salah satu kota yg jadi favorit wisatawan sekalipun dgn solo traveling
    Adhistana hotel bener2 estetik suasananya

Replies
    1. iya mba, kalo aku sih jujur gak pernah bosen sama jogja. Bali aja meskipun indah karena pantainya tetep aja jogja dihati selain kota kelahiranku Bandung hehe

Delete
  10. Dulu ke Jogja cuma sebentar. Belum pernah bisa menjelajah. Next klo ke Jogja lagi, semoga bisa mampir

11. Seruu,,
    Aku suka banget jalan-jalan random, eh bisa dibilang random gak sih kalau kayak gini tuh.. ? Soalnya mengunjungi cafe, makan enak dan bersama sahabat. Kaya yang menikmati waktu banget.

Paling mauuu ke Bhumi Durian.
    Yummii...surga banget bagi pecinta buah durian nih..

1. bisa mba, aku juga suka banget jalan-jalan random pas masih sendiri hehe

Delete
  12. Kakak one day di Jakarta, aku cuma beberapa jam aja, hikss malah gak sempat kemana-mana waktu itu

ReplyDelete
  13. waaah seru banget nih kak jalan-jalannya.. untuk selanjutnya kota mana lagi nih yang mau disinggahi? hehe

14. senang dan seru bisa jalan-jalan ke Jogya dengan keunikannya. Memang Jogya skg penuh dengan cafe layaknya kota-kota besar.

15. Abis baca ini jadi kangen solo travelling. Udah lama nggak. Selalu ada yg nemenin. Btw pernah nginep di Adhistana emang nyaman sih. Cuman kalau lagi berenang suka malu malu diliatin orang hahaha

ReplyDelete
  16. Serunya bisa jalan-jalan sendiri gitu, walaupun gak sendiri banget sih. Aku jadi pengen juga, meskipun sebelum nikah udah pernah lah ya solo travelling walaupun gak jauh. Semoga aku punya kesempatan backpacker juga sama suami nanti.

17. Yogyakarta itu memang ngangenin, dan solo traveling memang seru ya mba. Aku pernah ngerasain soli traveling di Jogja, sempat main ke Artjog juga.

18. Kalau daku baca peta pernah ada errornya wkwkwk. Tapi ini seru juga liburan solo yang akhirnya jadi duet

ReplyDelete
  19. Pas banget akhir tahun nanti mau ke Jogja, kayaknya musti mampir ke Jalan Monjali buat menikmati duiran. Thanks for sharing Mba :)

20. Aahhhh seruuuuu. Aku suka traveling, tapi belum pernah solo mba 😅. Ntahlah, memang lebih suka ada temennya kalo jalan2 🤣.

Tapi Jogja aku setuju, ga akan pernah bosen ke sana. Aku pun berkali2 ke Jogja selalu aja ngerasa kurang lama. Dan tiap mudik ke solo, pastinya selalu mampir Jogja . Bahkan kdg lebih lama di Jogja drpd solo 😄.

Mungkin Krn wisatanya lebih banyak juga yaaa. Pengen baca cerita lanjutannya mbaa 😁. Lumayan, utk obat kangen Jogja

ReplyDelete
  21. Wah, jadi punya insight baru nih kalau ke Jogja. Rencana anniv nikahan tahun 2023 mau naik kereta ke Jogja juga.