Wisuda ke XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung

January 12, 2020


Wisuda ke XIV Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Salah satu fase yang pasti dilewati para mahasiswa setelah menempuh pendidikan selama kurang lebih 4 tahun adalah proses kelulusan atau wisuda. Setelah berjuang dari mulai masa awal orientasi mahasiswa baru, menjalani masa perkuliahan, menyusun tugas akhir sampai akhirnya melalui proses menegangkan yaitu sidang atas karya yang telah dibuat, akhirnya para mahasiswa bisa merasakan selebrasi dengan menikmati indahnya wisuda.

Begitupun dengan yang terjadi pada rekan-rekan mahasiswa di Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB). Sabtu, 11 Januari 2020, dipilih menjadi hari yang paling membahagiakan. Setelah mengarungi masa perkuliahan kurang lebih 4 tahun lamanya. Akhirnya pada hari ini, mereka dikukuhkan secara resmi untuk menyandang gelas Sarjana. Sebanyak 209 mahasiswa STTB dikukuhkan menjadi sarjana, diantaranya 113 orang sarjana Teknik Industri, 70 orang sarjana Teknik Informatika dan 26 orang sarjana Desain Komunikasi Visual.


Hotel Harris and Convention Faestival Citylink Bandung dipilih menjadi saksi pengukuhan para mahasiswa STT Bandung dilantik menjadi sarjana. Untuk akhirnya tugas mereka selanjutnya adalah bertarung di dunia nyata.

Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0



Salah satu agenda yang unik pada wisuda ke XIV adalah STT Bandung menghadirkan key note speaker Ketua Pelaksana Dewan TIK Nasional yaitu Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA yang merupakan salah satu putra dari Bapak Presiden Habibie. Pada kesempatan kali ini, beliau menyampaikan mengenai Peranan Generasi Muda dalam Penerapan Teknologi dan Inovasi di Era 4.0.

Menurut Beliau, ekonomi di masa mendatang harus mengandalkan inovasi. Ada empat hal yang harus diperhatikan oleh negara manapun di masa mendatang yaitu :

1. Berinvestasi ke Human Capital
2. Berinvestasi pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
3. Membina dan mendukung Inovasi dan Kewirausahaan
4. Meminimalkan kemiskinan

Pertanyaannya kenapa sih harus mengandalkan inovasi? karena megatrends global sudah banyak mengubah dunia, diantaranya urbanisasi yang semakin cepat, perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya, pergeseran kekuatan ekonomi global, perubahan demografi dan sosial serta adanya gebrakan teknologi. Maka untuk mengatasinya teknologi, inovasi dan kewirausahaan diperlukan untuk menjawab kebutuhan dari kelima megatrends global tersebut.

Inovasi pun merupakan paradigma dari ekonomi masa depan. Dimana kedepannya akan semakin banyak UKM inovatif yang kreatif dan multitasking dengan menggunakan teknologi. Maka untuk melakukan inovasi yang kreatif dibutuhkan beberapa kunci diantaranya pendidikan, pembentukan SDM, mengerti dan menguasai rincian dan proses teknologi inovasi kewirausahaan secara menyeluruh.

Sebagai pembuktian, STTB telah membuat beberapa produk inovasi yang beberapa diantaranya telah memenangkan beberapa penghargaan dalam lomba yang dilaksanakan di tinggal nasional maupun internasional, seperti smart aquarium, virtual reality therapy, sistem kendali lampu, rocket slove, barber apps dan mesin pengupas kopi.

Agenda MOU Dengan Mitra Kerja


Setelah pelantikan dan seluruh rangkaian acara wisuda ke XIV STTB selesai. Akhirnya di penghujung acara, dilakukan agenda MOU penandatanganan kerjasama dengan PT Dirgantara Indonesia, PT Jasa Marga dan Biofarma yang selanjutnya dapat sama-sama memberikan peluang bagi para mahasiswa maupun alumni untuk melakukan praktek kerja magang atau bahkan bisa direkrut langsung sebagai pegawai tetap disana.

Perlu di ketahui, bahwa STTB mempunyai segudang prestasi akademik yang dapat menunjang para alumninya untuk cepat bekerja. Rata-rata masa tunggu alumni untuk mendapatkan pekerjaan yaitu selama 45 hari, ini dikarenakan besarnya kebutuhan akan skil yang dimiliki oleh para lulusan STTB.

Salah satu pencapaian yang dilakukan oleh mahasiswa STTB yaitu dengan menciptakan aplikasi Go Digital bagi desa-desa di kabupaten Bandung dengan aplikasi bernama RWKU. Aplikasi RWKU ini sudah di sosialisasikan dan sudah di adakan workshop di beberapa desa di kabupaten Bandung, guna menunjang kegiatan masyarakat seperti pelayanan posyandu, puskesmas dan lain sebagainya.

Sebagai bentuk tanggung jawab kepada para alumni, STTB pun tidak hanya melakukan MOU dengan perusahaan BUMN tapi juga tergabung ke dalam wadah bernama Indonesia Carier Network, yang diisi oleh beberapa perguruan tinggi dan perusahaan BUMN guna meningkatkan kinerja carier center.



You Might Also Like

2 Comments

  1. Huaaa itu ada MoU sama perusahaan top di Bandung. Seneng banget punya prospek cerah kuliah di sini, ya, Meg. Apa aku kuliah lagi gitu di sana? *plis jangan jitak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkw, sebelum teteh plisss aku dulu. Aku juga mau punya prospek cerah kedepannya aamiin

      Delete