Ngaku Anak Milenial? Pakai QR Code Sekarang!

November 14, 2019




Kamu ngaku anak milenial? Kalau emang ngaku anak milenial, belum sah nih kalau misalnya tiap transaksi belum pake QR Code. Eitts, sebelumnya udah pada tau dong transaksi QR Code itu apa aja?

QR Code atau Quick Response Code merupakan kode matriks atau barcode dua dimensi yang kodenya dengan mudah dapat diuraikan dengan cepat. QR Code pertama kali dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah perusahaan asal Jepang di tahun 1994. QR Code berhasil mempercepat dan mempermudah transaksi cardless.

Di Indonesia transaksi QR Code ini ada di beberapa dompet digital seperti

  • Gopay dari Gojek
  • OVO
  • Dana
  • Link Aja
  • Jenius
Nah, itu dia beberapa jenis QR Code yang mudah banget dipakai transaksi.

QR Code Jadi Dompet Digital yang Memudahkan


Lupa bawa dompet gak perlu khawatir, atm hilang atau tertelan, gak perlu khawatir juga. Asalkan smartphone kamu tetep aman, dijamin mau transaksi apapun lebih mudah. Masa sih? Emang bener kan, jaman sekarang lebih baik ketinggalan dompet daripada ketinggalan smartphone, hayoh ngaku deh.

Ngomongin soal 5 QR Code yang aku sebutkan diatas, ada beberapa QR yang jadi favorit dan sering aku gunakan.

1. Gopay by Gojek



Pasti udah gak asing yah sama salah satu fitur dari aplikasi Gojek Indonesia. Gopay merupakan salah satu media QR guna mempermudah transaksi. Bayar tagihan makan, minum, bahkan belanjaan kamu, cukup scan barcode. Selesai.

Plusnya lagi banyak banget benefit dan diskon yang kamu dapatkan di beberapa merchant yang sudah bekerja sama, lumayan kan buat kamu para pemburu cashback, hehe


2. OVO


OVO salah satu aplikasi yang berdiri sendiri. Tapi sekarang, OVO ini sudah terintegrasi pada aplikasi Grab dan Tokopedia. Ini juga aplikasi yang suka aku pakai, terutama kalo aku pake aplikasi Grab dan Tokopedia. Lumayan banget nih aku bisa dapet diskon perjalanan kalau pembayarannya menggunakan OVO, begitu pun diskon khusus di Tokopedia dan merchant-merchant yang sudah bekerja sama lainnya.

3. Jenius


Kalau QR yang ini sih, bener-bener jadi favorit banget. Selain bisa nabung, jenius ini bebas biaya transaksi baik kalau mau transfer ke sesame jenius, ke bank lain, melakukan pembayaran dan pembelian.

Enaknya lagi, jenius ini aplikasinya mudah banget gak pake ribet, bisa pake pin, bisa pake fingerprint. Banyak banget promo dan cashback di setiap harinya, emang nih aku pecinta cashback dan dsikon.

Manfaat Transaksi Pakai QR Code



Selain yang pasti lebih mudah dan praktis. Menurut aku transaksi pakai QR punya beberapa manfaat lain. Diantaranya
  1. Mengurangi transaksi non tunai, artinya semua pengeluaran kamu makin bisa ke kontrol. Misal nih, kalau kamu lupa catat transaksi, kamu tinggal buka history transaksi dan bisa langsung tercatat deh.
  2. Bisa dapat banyak promo. Seperti yang sudah aku bilang tadi, sekarang ini makin banyak banget merchant yang kerjasama sama aplikasi QR yang sudah aku sebutkan tadi. Selain promo diskon, kamu juga bisa dapat cashback.
  3. Lebih aman. Kamu gak perlu lagi bawa-bawa banyak uang tunai di dompet kamu. Plus kamu cukup pakai clutch aja dong kemana-kemana biar makin simple, setuju gak nih anak milenial
  4. Bebas Biaya. Seperti pakai jenius tadi, transaksi transfer, pembayaran dan pembelian jadi bebas biaya.


So, udah mulai ada pencerahan dong tentang transaksi QR Code dan manfaatnya. Sekarang tinggal menentukan pilihan, pilih pakai transaksi tunai apa non tunai?


#feskabi2019 #gairahkanekonomi #pakaiQRstandar #majukanekonomiyuk

You Might Also Like

0 Comments