Cooperative Fair 2019 Mengajak Generasi Milenial Untuk Mewujudkan Jabar Juara

August 27, 2019



Dalam memperingati hari jadi koperasi yang ke 72 dan sekaligus merayakan ulang tahun provinsi Jawa Barat yang ke 74 yang jatuh pada tanggal 19 Agustus, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Provinsi Jawa Barat untuk ke 16 kalinya menyelenggarakan Cooperative Fair. Cooperative Fair tahun 2019 mengusung tema Generasi Milenial Jabar Juara.

Tema tahun ini, sengaja mengangkat tentang peran generasi milenial untuk membangun perekonomian khususnya di provinsi Jawa Barat melalui koperasi. Menurut kepala dinas KUK, para generasi milenial saat ini masih kurang paham dan kurang mengenal koperasi. Hal ini dikarenakan, generasi milenial berpikiran bahwa koperasi merupakan lembaga yang jadul dan hanya dikelola oleh generasi tua.

Dalam acara Cooperative Fair 2019 ini, dinas KUK ingin mengajak dan mendorong para generasi milenial untuk mengenal, memahami sekaligus melihat bahwa koperasi itu keren.

Cooperative Fair 2019

Cooperative Fair merupakan pameran produk koperasi dan UMKM yang diikuti oleh para pelaku KUMKM dari 27 Kabupaten/Kota se Jawa Barat. Acara Cooperative Fair 2019 ini, berlangsung selama tiga hari. Mulai dari tanggal 23-25 Agustus 2019. Tahun ini, Dinas KUK memilih Metro Indah Mall sebagai venue acara. Ada lebih dari 100 produk unggulan yang telah dipilih oleh tim juri untuk mengikuti pameran ini.

Berhubung aku datang di hari pertama, yaitu Jumat tanggal 23 Agustus 2019. Aku berhasil mengumpulkan beberapa hasil jepretanku dari beberapa daerah yang memamerkan produk unggulannya.

Yuk, simak yah.

Produk Unggulan dari Banyumas

Produk Unggulan Kabupaten Ciamis

Produk Unggulan Kota Bandung

Produk Unggulan Kota Cirebon

Produk Unggulan Kabupaten Majalengka

Produk Unggulan Kota Purwakarta

Produk Unggulan Kota Tasikmalaya

Selain memamerkan produk-produk unggulan, acara Cooperative Fair 2019 ini diisi juga oleh atraksi seni dan budaya serta adanya atraksi helaran atau arak-arakan berupa fashion on the street, komunitas reptil, cosplay, komunitas ngaduide, dan juga ada penampilan spesial dari band NAFF.

Harapan Bagi Generasi Milenial Melalui Cooperative Fair 2019

Paling menarik di Cooperative Fair 2019, disajikan juga aktivitas yang dapat dijadikan media komunikasi antar berbagai lapisan masyarakat, seperti adanya konseling perkoperasian, perijinan usaha untuk UMKM, seminar mengenai koperasi dan UMKM. Sehingga melalui aktivitas ini, diharapkan akan ada sebuah interaksi yang positif dari masyarakat untuk masa sekarang dan masa yang akan datang terutama untuk para generasi milenial yang ingin menjadi wirausaha muda.

Ajakan Dinas KUK terhadap para generasi milenial untuk mewujudkan jabar juara melalui koperasi adalah dengan telah dibuatnya aplikasi KOPSISMART. Harapannya melalui aplikasi ini, para generasi milenial akan mudah bertransaksi secara online.

Selain itu, kedepannya koperasi akan melakukan pelatihan e-commerce agar mampu bersaing dan siap untuk memanfaatkan teknologi informasi yang telah ada.

***

Acara Cooperative Fair 2019 ditutup pada hari ketiga, di hari Minggu 25 Agustus 2019 dengan menampilkan "Pesta Sejuta Kembang Api" yang akan menjadi pagelaran terunik di Indonesia. Diharapkan kedepannya, acara Cooperative Fair ini akan menjadi sajian hiburan alternatif bagi masyarakat Jawa Barat.

Sampai jumpa di Cooperative Fair tahun depan ya,

You Might Also Like

0 Comments